Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis

Ketika orang-orang itu bertanya bagaimana caranya si teman menjadi begitu sukses, ia menjawab bahwa hingga beberapa hari yang lalu, ia dapat hidup sebagai “Yang Lain”.

“Apa maksudmu Yang Lain?” mereka bertanya.

“Yang Lain adalah orang yang mengatakan siapa aku seharusnya, tapi bukan siapa aku sesungguhnya. Yang Lain percaya kita harus menghabiskan seluruh hidup kita memikirkan bagaimana memeroleh sebanyak mungkin uang supaya tidak mati kelaaran ketika tua nanti. Karenanya kita hanya memikirkan uang dan bagaimana mendapatkannya, dan baru merasa hidup justru ketika hari-hari kita di muka bumi ini bisa dibilang telah usai. Dan segalanya sudah terlambat.”

“Dan kau? Siapakah kau?”

“Aku sama seperti orang-orang yang mendengar kan hati mereka: orang yang terpikat oleh misteri kehidupan. Orang yang membuka hatinya terhadap mukjizat, yang merasakan kebahagiaan dan antusiasme dalam segala sesuatu yang mereka lakukan. Hanya saja, karena takut kecewa, Yang Lain tidak membiarkan aku mengambil tindakan.”

“Tapi ada penderitaan di dalam hidup,” salah seorang pendengar berkata.

“Dan ada kekalahan. Tak seorang pun dapat menghindarinya. Tapi lebih baik kalah dalam beberapa pertarungan demi impian-impianmu, daripada kalah tanpa mengetahui aa yang kau perjuangkan.”
“Hanya itu?”
pendengar yang lain bertanya.

“Ya, hanya itu. Setelah memahaminya, aku memutuskan menjadi orang yang selama ini kuinginkan. Yang Lain berdiri di sudut kamar, mengawasiku, tapi aku takkan membiarkan Yang Lain menguasaiku, tapi aku takkan membiarkan Yang Lain menguasaiku lagi-meskipun ia mencoba menakut-nakutiku, mengingatkan bahwa tidak memikirkan masa depan adalah tindakan riskan.

“Sejak aku mengusir Yang Lain dari hiduku, Energi Ilahi mulai menunjukkan mukjizat-mukjizatnya.”

Paulo Coelho

by the river piedra i sat down and wept

by the river piedra i sat down and wept

One thought on “Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s