SAMALA KACUT adalah dua kata cinta

Aku kira, hal ini adalah suatu ke-kreatif-an dalam kompaknya kekeluargaan yang dalam hal ini lebih tertekankan pada hubungan kakak adek yang kadang bisa akur dan kadang juga saling menjahili satu sama lain.

Aku terlahir bungsu dari 4 bersaudara. Bungsu yang sangat bungsu, bungsu yang paling aneh, bungsu yang paling berbeda dari kakak-kakak ku. Hingga bila bertemu dengan saudara jauh yang lama tidak bertemu, banyak dari mereka yang tidak mengenaliku da ketika aku ini adalah anak bungsu ayahku malah mereka bilang bahwa aku adalah anak yang ditemukan ayah dari bawah pohon asam karena saking berbedanya diri dengan ketiga kakak-kakakku.

Faktanya memang, aku lebih mewarisi darah ayah yang menjadi dominan pada diriku. Dan ketiga kakakku lebih dominan ke ibu. Itulah yang membuatku berbeda dari struktur wajah, yang ayah ku adalah masih ada keturunan orang arab walau itu dari generasi yang entah. Bahkan pernah suatu ketika aku berpikir, apa benar aku ini anak dari ayah ibu ku, karena seringnya orang bingung dengan siapa aku yang tidak ada mirip-miripnya dengan saudara-saudaraku, lantas aku ini anak siapa? Hyaa, terlalu mendramatisir!! Kebawa cerita film endless love kala itu, hihii..

Layaknya sebuah keluarga lain yang aku ada pada posisi sebagai adek. Adek, yang berarti adalah sebagai seseorang yang lebih muda. Bahkan bisa kukatakan, adek adalah posisi paling tertindas dalam keluarga karena hegemoni dari kakak-kakak. Oleh karena itu, entah berasal dari mana asalnya, saat kecil aku mempunyai nama julukan yaitu SAMALA KACUT.

Samala Kacut dari Tutut Indah Widyawati. Nyerempetkah? Tidak. Lucu? Tidak juga. Aneh? Iya. Entah dapat dari mana inspirasi untuk nama julukan itu untukku, yang aku tau, dulu aku sangat jengkel bila dipanggil dengan nama itu, namun sekarang aku tau bahwa dibalik nama julukan itu tersimpan sejuta kenangan tentang masa lalu yang indah bersama kakak-kakakku yang sekarang masing-masing telah menempati rumah dengan atap yang berbeda.

Sungguh, aku bangga dengan nama julukkan ku tersebut. SAMALA KACUT. Entah mempunyai makna apa nama itu, namun yang aku tau itu bermakna cinta.

mereka adalah cinta dalam bingkai

mereka adalah cinta dalam bingkai

One thought on “SAMALA KACUT adalah dua kata cinta

  1. Pingback: cerita popcorn gula-gula pekat manis terbang | we wee world

Leave a Reply

