“aneka sudut dan aneka keindahan Masjid Agung Gresik”

Berawal dari sebuah mimpi yang telah lama terpatri dalam diri untuk dapat mengunjungi dan sholat di rumah-rumah Allah di seluruh dunia. Jadilah bila melihat masjid dengan arsitektur yang mengundang decak kagum dan terlafadzkan kalimat-kalimat yang mengungkapkan keagungan-Nya. Termulai dari masjid-masjid sekitar kota kelahiran yang pada setiap jalan yang terlewati setiap hari, kebanyakan sudah pernah aku sholat di sana. entahlah, ada suatu perasaan yang entah ketika sholat di tempat-tempat berbeda pada setiap harinya.

Namun tidak ternafikkan, bagi beberapa orang yang mengetahui kebiasaanku ini menganggap aneh bahkan pernah terjadikan sebuah perdebatan tentangnya, namun, whatever lah, I love doing everything that makes my heart feel so exuberance inside.

Alhamdulillah, tersholati lagi satu rumah Allah di bumi Gresik. Masjid Agung Gresik. Masjid yang indah. Masjid yang menakjubkan.

Masjid Agung Gresik

Masjid Agung Gresik

Sebuah masjid dengan bangunan yang bila kugambarkan seperti sebuah kubus dengan limas sebagai atapnya. Dengan warna dominan abu-abu dan hijau lumut, bangunan ini sungguh terlihat megah dan membuatku takjub.

tampak samping Masjid Agung Gresik

tampak samping Masjid Agung Gresik

Menara yang terletak pada sisi gerbang masuk menjulang tinggi begitu gagahnya yang pada ruangan dasar menara terletak sebuah keranda mayat. Ngeri sih, namun tetap memukau.

Menara Masjid Agung Gresik

Menara Masjid Agung Gresik

Ketika melihat sisi depan yang itu berhadapan langsung ke jalan raya yang menuju ke kota Gresik, terlihat biasa-biasa saja pada interior bagian muka. Berjalanlah aku ke samping dan di sana kutemukan tangga naik ke lantai dua. Ketika di lantai dua interpretasiku atas masjid ini berubah. Terlihat jendela kaca besar yang mirip dengan bulu burung merak dengan komposisi warna biru, hijau, kuning dan peach yang sangat menyatu dan menjadikan sebuah harmoni warna yang sangat indah. Subhanallah.

jendela bulu merak nan indah

jendela bulu merak nan indah

Masuk ke dalam ruangan, tambahlah berkata Allahu akbar dalam diri. Melihat sisi samping kanan kiri yang dikelilingi pintu-pintu besar dengan ukiran-ukiran terawang dengan cahaya dari luar yang indah yang berasal dari filterisasi cahaya yang menembus kaca jendela bulu merak tadi.

interior lantai dua Masjid Agung Gresik

interior lantai dua Masjid Agung Gresik

Satu hal lagi yang membuat takjub hingga tak sadar tanganku menangkup menyebut asma-Nya. Atap limas yang terlihat dari luar tadi memiliki enam belas buah lampu dengan gaya jawa klasik yang tergantung di bawah lancip limas dengan kayu sebagai pembatas sisi-sisinya yang menyatu di atas.

enam belas lampu gantung jawa klasik

enam belas lampu gantung jawa klasik

Naik lagi ke lantai tiga, terdapat sebuah balkon luas dengan pemandangan fantastis yaitu perbukitan yang semacam memagari kota Gresik. Sebuah balkon yang sungguh luas.

lantai 3 Masjid Agung Gresik

lantai 3 Masjid Agung Gresik

Dan, subhanallah, walhamdulillah.. Terima kasih ya Allah telah mengijinkanku mengunjungi rumah-Mu di bumi Gresik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s