pengajian perdana HCK “how to be a good muslimah?”

How to be a good Muslimah? Sebuah pertanyaan itulah yang menjadi tema pengajian pertama Hijab Community Kediri yang teradakan hari ini tanggal 8 April 2012 di Aula Masjid Agung Kediri. Berbagai persiapan pun dilakukan beberapa hari sebelumnya oleh beberapa orang yang mereka menyebut diri mereka panitia The Angry Bird. Mereka adalah Ukhti Ratya, Ukhti Ria, Ukhti Auliyah, Ukhti Anita, Ukhti Dea, Ukhti Winda, dek Sabrina dan saya sendiri. Yap, off the record saja persiapannya yah, terlalu indah bila diceritakan karena melalui proses yang panjang hingga kalimat pun tak kuasa untuk menceritakan, huhuu.. *oyaaa..

08.30 am – Aula Masjid Agung Kediri.

Persiapan tempat pun dimulai, dengan menata setiap sudut aula Masjid Agung sambil menunggu ukhti-ukhti yang mengikuti pengajian datang. Satu persatu ukhti-ukhti pun datang dengan penampilan yang semuanya cantik dan fashionable dengan style masing-masing yang tetap mencerminkan seorang muslimah.

10.00 am

Pengajian pun dimulai dengan datangnya Ustadz Fuad Toifi, S.Pd. yang acara dibawakan oleh Ukhti Latifa yang dia adalah penyiar dari KSTV Kediri, yang juga menjadi moderator setelah ustadz menyampaikan tausiyahnya.

Ustadz menyampaikan sebuah hadist,
“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, bila daging itu baik maka baiklah tubuh manusia itu, namun bila daging itu rusak maka rusak pula tubuh manusia. Ketahuilah bahwa sesungguhnya segumpal daging itu adalah hati” (HR. Imam Bukhari & Imam Muslim).

Segumpal daging yang ternyata itu adalah hati, Qalbu, maka sebagai muslimah hendaknya kita mnjaga hati agar selalu menuju kepada-Nya. Dengan meng-orientasikan akhirat sebagai tujuan hidup yang sebenarnya, bukan orientasi dunia yang
diagung-agungkan. Bila kita mengorientasikan hidup kita dengan orientasi akhirat maka dunia pun akan mengikuti, dan bila kita hanya menjadikan dunia sebagai orientasi hidup kita maka kita akan kehilangan akhirat.

How to be a good muslimah? Ada 7 items dalam menjawab pertanyaan tersebut,

1. Memperbaiki Dunia,
Bagaimana caranya? Dengan melebihkan cinta kepada Allah melebihi dari yang lain. dengan menjalankan segala perintah-Nya, berjihad di jalan-Nya, dan bersungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Menutup Aurat,
Terdapat sebuah pertanyaan yang besar, sebenarnya dalam menutup aurat itu haruskan memakai jilbab dulu atau hati dahulu dijilbabi? Mempersiapkan hati sangat perlu untuk memulai menutup aurat diri, namun berniat menutup aurat itu adalah lebih utama lagi. Seperti analogi ketika kita ingin sholat, lebih baik kita niat dulu untuk sholat dan bacaan serta niatan khusyuk dari hati akan mengikuti. Seperti itu juga ketika kita memakai jilbab, menutup aurat dengan jilbab dulu dan hati juga akan mengikuti.

3. Tidak berhias berlebihan,
Sebagai muslimah tentunya berhias berlebihan hanya akan menjadi seperti orang kafir zaman dahulu. Berhias dengan wajar saja dan tidak berlebihan.

4. Berpergian dengan Mahramnya,
Zaman sekarang adalah zaman yang begitu luar biasa dalam hal pergaulan, maka sebagai muslimah sangat perlu untuk memproteksi diri kemanapun akan pergi.

5. Senang belajar agama, Taffakhu Fiddin,
“Imam Syafii (Rahimahullahu Ta’ala) berkata, “Barang siapa yang tidak cinta terhadap ilmu, maka tidak ada kebaikan padanya; …” maka, wajib bagi muslimah untuk mencari ilmu, dan ilmu harus dibarengi juga dengan agama karena yang pertama kali dilihat dari seorang wanita yang akan dinikahi adalah agama nya.

6. Hormat, patuh dan ta’at kepada orang tua,
Sudah tentu, bagi seorang anak harus ta’at dan patuh kepada orang tua, apalagi sebagai anak perempuan, tentunya semua orang tua menginginkan putrinya menjadi seorang anak yang sholehah, maka hormat, patuh dan ta’at kepada orang tua adalah sangat penting, dan juga bila telah mempunyai suami, wajib juga patuh kepada mertua, yang beliau adalah orang tua kedua.

7. Berinfaq di jalan Allah,
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia itu penjara bagi orang mukmin dan Surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim no. 5256)
Berinfaq dan bersedekah, bila berinfaq itu pasti dengan menggunakan uang dan bila bersedekah bisa dengan uang, atau barang, bahkan senyum pun adalah merupakan sebuah ibadah.

Itulah 7 item yang menjelaskan pertanyaan how to be a good muslimah, lalu apa kiat-kiat nya menjadi seorang muslimah yang baik yang sejati? Ada 3 M.

– Mujahadah -> yaitu besungguh-sungguh, berazam atau bertekad, dan berniat hanya karena Allah
– Mudawwamah -> istiqomah, melakukan kebaikan dengan terus menerus.
– Muhassabah -> introspeksi diri.

Dengan disebutkannya dan dijelaskan makna dari 3 M tersebut maka berakhirlah tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Fuad, dan dilanjutkan dengan acara tanya jawab. Antusias ukhti-ukhti dalam menanggapi tema tersebut pun sangat tinggi dengan tertanyakannya beberapa pertanyaan yang semuanya adalah pertanyaan yang luar biasa.

Acara pengajian pun direhatkan sejenak dengan terkumandangnya adzan dhuhur dan sholat dhuhur berjamaah. Setelah tertunaikannya sholat bersama, acara dilanjutkan dengan hijab tutorial dengan beberapa model jilbab dengan jilbab paris dan juga sawl.

Dengan mengucap alhamdulillahirobbil’alamin, acara pengajian perdana Hijab Community Kediri ditutup. Teriring doa semoga acara dapat bermanfaat dan dapat berlanjut dengan acara-acara selanjutnya.

pengajian Hijab Community Kediri

pengajian Hijab Community Kediri

Spreading beauty, be a real Muslimah..🙂

4 thoughts on “pengajian perdana HCK “how to be a good muslimah?”

  1. wa’alaikum salam..
    minal ‘aidin wal faizin ukhti..🙂

    Hijab Community Kediri belum launching, tapi alhamdulillah sudah banyak kegiatannya..
    ndak tiba-tiba ada koq, udah agak lama..
    kunjungi official Facebook-nya aja ukhti kalau mau tau upcoming event-nya.. http://www.facebook.com/hijabkediri
    insyaAllah kalau sudah ada committee baru launching..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s