Jaranan – Kesenian khas Kediri

jaranan - kesenian khas Kediri

jaranan – kesenian khas Kediri

Jaranan adalah salah satu kesenian khas dari Kabupaten Kediri, atau lebih dikenal dengan nama Kuda Lumping, eh, mungkin sama mungkin beda. Ciri khas dari kesenian ini adalah terdapat beberapa penari yang menunggangi kuda-kuda-an yang terbuat dari anyaman bambu yang dihias sedemikian rupa. Dicat warna-warni dengan lukisan stilasi bentuk kuda dengan jambul dan ekor dari sisiran tali rafia.

Dalam aksinya, jaranan selalu membawa sebuah kesan magis. Terlihat dari make up dari penari yang tegas memberikan kesan garang dan magis. Beberapa aksesoris yang saya lihat begitu khas adalah “udeng-udeng” yang dipakai di kepala dan “krincing” yang dipakai di kaki, entah apa namanya yang jelas itu adalah gelang yang dipakai di kaki yang dipasangi beberapa klintingan (bel kecil).

Nah, dibawah ini adalah beberapa foto dari Jaranan dari Sentanu Putro yang digelar di pelataran depan Gua Selomangleng Gunung Klotok kemarin. Sejauh yang saya ketahui tentang Jaranan, Jaranan seperti mempunyai sebuah, istilahnya, paguyuban sendiri yang selalu nama belakangnya terdapat kata “Putro”.

Karena saya sedikit merinding setiap melihat Jaranan karena tarian, musik serta nyanyian yang membawa kesan magis, maka kemarin saya hanya memotret saja tanpa bertanya-tanya lebih dalam kepada para warok, eh, apa ya namanya, pokoknya seseorang yang memakai baju hitam yang istilahnya jadi tukang nggambuhi sang penari agar bisa kerasukan ketika sedang beraksi. Saya kemarin hanya sempat bertanya tentang tarian apa yang sedang dibawakan karena semua penari seperti kerasukan makhluk halus dan mereka menari-nari dengan sendirinya seiring terdengarnya lagu jawa yang diiringi oleh musik Gamelan, yang ketika dihayati rasanya menyayat hati. Sang penari menari dengan mata yang terlihat putih semua dengan posisi tangan seperti mencengkeram. Ngeri dan Magis.

Itulah dia, sebuah kesenian yang alhamdulillah masih banyak peminat dan yang mau melestarikan warisan budaya tersebut. Untuk informasi lebih lengkap tentang kesenian Kediri, silakan klik DI SINI

Saya jadi ingat pesan kakak kedua untuk ku,
“lebih baik kamu datangi tempat-tempat sejarah di Kediri dan berkontemplasi dengan budaya-budaya yang sudah ada, nanti akan kau dapatkan ciri khas dari Kediri dengan sendirinya dalam karya Batikmu”

Jaranan

Jaranan

kesenian Kediri

kesenian Kediri

para warok, oh ya??

para warok, oh ya??

Penari Jaranan

Penari Jaranan

Para Penari Jaranan

Para Penari Jaranan

9 thoughts on “Jaranan – Kesenian khas Kediri

  1. Pingback: Budaya, Makanan dan Ciri Khas Kota Kediri | ratnaph47

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s