Magnificence’s Mosques

Masjid Agung Kota Kediri dan kemegahannya

Masjid Agung Kediri
Masjid Agung Kediri

“Di sinilah kubagi lelah, kubagi segala resah dan kubagi segala keinginan serta doa..”

Masjid Agung Kediri. Bisa dikatakan sebagai Masjid Agung yang paling sering saya sholat di sana. Sebisa mungkin ketika jalan-jalan, shopping, atau makan di Kediri selalu saya sempatkan sholat di sini. Masih dengan mimpi lama untuk bisa sholat di masjid seluruh penjuru dunia.

Seperti Masjid Agung pada umumnya yang selalu terletak di sebelah alun-alun Kota dimana pun itu berada. Sempat berpikir, mungkin tujuannya adalah untuk mengingatkan bahwa sholat adalah sebuah jeda dari kegiatan yang menyenangkan, dan juga agar ingat untuk bersyukur atas nikmat kesenangan yang diberikan. aah, itu alasan yang tidak klise.

Ok, Masjid Agung Kediri, saya kira masjid inilah Masjid termegah di Kota Kediri di samping Masjid An-Nur Pare, Masjid Termegah di Kabupaten Kediri. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2008, dengan lokasi koordinat Masjid pada 7° 49° 54,1 BT dan 112° 00° 51,1 LS yang lebih tepatnya berada di jalan Panglima Sudirman, depan Dhoho Plaza dan depan barat daya dari alun-alun Kediri.

Letak yang sangat strategis ini membuat Masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang muslim untuk beribadah dan sekedar untuk melepas lelah. Di sebelah kanan Masjid juga terdapat Perpustakaan Masjid, namun saya pernah berkunjung kesana ternyata hanya buka pada hari senin saja.

Karena berada tepat disebelah jalan raya, maka pintu masuk masjid pun berada di sebelah kiri masjid yang di sana telah disediakan tempat parkir. Keluar dari area parkir akan langsung disambut oleh kemegahan Masjid Agung ini dari tampak samping yang terlihat dari tiang-tiang tinggi yang menyangga atap dari lantai 2. Oiya, tempat sholat berada di lantai 2 karena lantai 1 dari masjid ini digunakan sebagai aula besar yang sering dijadikan tempat resepsi pernikahan, acara keluarga dan pengajian. Saya juga pernah mengadakan pengajian di sana untuk event dari Hijab Community Kediri.

Tempat sholat terdapat di lantai 2 yang juga kusebut sebagai main building dari Masjid ini. Luas. Hening. Sejuk. Sebuah tempat yang sangat tepat untuk bertafakur.

Oiya, dibalik kemegahan Masjid Agung Kediri saat ini, menurut Goes Barok, beliau adalah salah satu pengamat seni Kediri yang beliau memberi tahu saya tentang dibangunnya Masjid Agung Kediri ini telah membongkar cagar budaya sebelumnya yakni Masjid Agung Kediri yang dibangun pada abad 17. Ini dia foto Masjid Agung Kediri tempoe doeloe. ( Courtesy = wongkediri.net )

Masjid Agung Kediri Tempoe Doeloe
Masjid Agung Kediri Tempoe Doeloe

Hmmm, why i feel so uncomfortable if i should tell the story in my blog with this language? Ok, i think that’s enough for information about this great mosque in my hometown.

tampak samping kiri Masjid Agung Kediri
tampak samping kiri Masjid Agung Kediri
Main Building of Masjid Agung Kediri
Main Building of Masjid Agung Kediri
Masjid Agung Kota Kediri in Arabic
Masjid Agung Kota Kediri in Arabic
Menara Masjid Agung Kediri
Menara Masjid Agung Kediri
Masjid Agung Kota Kediri
Masjid Agung Kota Kediri
Lorong Masjid Agung Kediri
Lorong Masjid Agung Kediri
Advertisements

2 thoughts on “Masjid Agung Kota Kediri dan kemegahannya

  1. Salam alaikum
    Saya ingin menyampaikan review ttg masjid lain yg tak kalah megah dengan masjid besar Kediri yaitu masjid besar Pare, Kediri. Namun sayang sekali masjid besar Pare ini hanya jadi ikon kemegahan bangunan tapi saat ini menuju apa yg umum di masa sekarang…masjid yg menjauhkan umatnya dari masjid..masjid yg hanya didatangi saat selesai adzan sholat jamaah dan selepasnya menjadi seperti kuburan tak boleh dimanfaatkan oleh umat bahkan mengusir umat yg sekedar numpang berteduh setelah perjalanan jauh, sehabis sholat, bicara muamalah di dekat ruang takmir. Sementara mungkin orang yg merasa sbg pengurus masjid tak merasa bersalah merokok di masjid. Sungguh masjid besar Pare ini hanya jadi bangunan besar yg tak sanggup menjadi sarana pendekatan umat ke masjid dan jika para pengurus masjid masih merasa seperti pejabat maka suatu saat nanti tak akan ada suara anak kecil yg ceria menemani ortunya yg mengenalkannya untuk sholat jamaah dan mencintai masjid atau jangan2 bahkan orang mengaji di sekitar ruang takmir pun akan disuruh pergi. Sungguh nasib masjid dan umatnya yg menggenaskan…masjid yg berlomba kemegahan dan tinggi bangunan tp tak bisa memberi manfaat selain hanya sbg tempat sholat dan tempat aktivitas mereka yg katanya termasuk pengurus masjid. Masjid yg ekslusif ini begitu malang karena pengurusnya tak peduli/tak tahu sejarah ttg masjid masa Rasul dan tak bisa mengelola masjid dengan bijaksana. Sungguh beda dengan para aktivis masjid Jogokariyan Jogya..apalagi dibanding masjid masa Rasulullah.
    Masjid besar Pare hanyalah sebuah masjid untuk sholat yg kemegahannya menjadi beban umat dan membuat umat tak dekat dengan masjid atau bisa jadi benci berdekat dengan masjid. Sungguh dakwah masjid yg telah gagal dilakukan oleh pengurusnya yg seolah merasa menjadi pemilik masjid.
    Semoga masukan ini menjadi pertimbangan agar masjid besar Pare Kediri berbenah dan tidak menjadi seperti kantor perusahaan milik pribadi alias ekslusif yg mengusir umat yg berhak utk berteduh di masjid setelah sholat. Semoga ironi masjid megah tapi seperti kuburan akan berakhir. Masukan ini juga terbuka bagi masjid2 lain utk meninjau kembali sejarah masjid di masa Rasul agar berbenah diri menjadi pusat aktivitas umat Islam yg dicintai umatnya. Sekaligus meninjau kembali bagaimana seharusnya dana utk menggaji para pengurusnya.
    Wassalam

  2. mbak mau tanya untuk aulanya itu dimananya? terus untuk biaya sewa aulanya berapa ya mbak? please info ya… mau sewa aula soalnya pengen akad nikah plus langsung resepsi disana… ditunggu infonya ya mbak.. makasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s