“blusukan w/ PASAK” Situs Kali Pesu & Komplek Irigasi Purba di Wates, Kediri

Kediri, menyimpan sebuah rahasia sejarah yang besar yang sudah banyak terungkap dan yang masih dengan damainya tertidur dalam zaman yang semakin jauh meninggalkan sekarang.

Kediri, pernah dahulu saya bertanya kepada ayah tentang kenapa tempat tinggal kami dinamai kediri, kemudian ayah bercerita bahwa nama kediri diambil dari nama kerajaan yg dulu ada didaerah kita yaitu kerajaan kediri. mendengar kata kerajaan, imajinasi saya dulu adalah pasti daerah ini dulu menjadi daerah yg megah dalam jamannya. Kerajaan, dalam imajinasi anak-anak pasti terdapat sebuah istana yg luas, raja dan ratu beserta pangeran dan putri raja, dan segala macam perangkat kerajaan. Namun sejenak berpikir, lalu semua itu kemana? Ayah pun menjawab, mungkin terkubur karena letusan gunung Kelud. Dan selesai.

Ketika SD, SMP dan kelas 1 SMA bertemu lagi dengan sejarah, mulailah lagi berpikir tentang hilang kemana sebuah peradaban yang sangat berjasa terhadap sejarah kerajaan di Jawa. Samar-samar kuingat lagi bahwa Kerajaan Kediri mempunyai sejarah yang cukup panjang dengan raja-raja yang terkenal seperti Airlangga, Jaya Baya, dll, saya lupa.

Hmmmm, sebenarnya saya suka belajar sejarah karena ketika memperlajarinya seperti terdapat visualisasi layar besar di depan mata yang dulunya sebelum segalanya berubah menjadi yang terlihat sekarang terdapat sebuah sejarah yang panjang. Namun, ilmu eksak lebih membuat saya tertarik untuk mempelajarinya.

Oke, Oke..
Diatas hanya sebuah pengantar, let me tell what i want to tell..

Hmmmm, Kediri dengan segala macam peninggalan sejarahnya yang masih banyak yang belum terungkap, membuat beberapa pecinta sejarah dan budaya Kediri berinisiatif untuk membuat sebuah komunitas Pelestarian Sejarah Budaya Kadhiri (PASAK), yang bertujuan untuk belajar sejarah besar dari Kediri, eksplorasi sejarah yang masih terpendam dan melestarikannya menjadi sebuah warisan budaya Kediri. Akan kuceritakan nanti tentang PASAK lebih jauh.

PASAK mempunyai sebuah kegiatan bernama “blusukan” yang dalam arti lain menjelajah masuk ke tempat-tempat yang belum pernah didatangi. Apa iya? Yaa, semacam itu lah. Dan hari ini, 8 September 2012 adalah kali pertama saya ikut blusukan bersama anggota PASAK yang sedang meng-evakuasi situs kali pesu dan penggalian sebuah terowongan irigasi purba di daerah Wates, Kediri.

penggalian altar purba di Wates, Kediri

penggalian altar purba di Wates, Kediri

Penggalian dilakukan oleh anak-anak dari PASAK dibantu dengan warga dan juga BP3 Trowulan yang menjadi tim arkeolog untuk membuktikan situs purbakala yang ditemukan.
Penggalian pun dihentikan karena sudah lewat siang hari dan waktunya untuk istirahat. Semantara tim penggali istirahat, kami tim PASAK mendatangi sebuah situs baru yang diketemukan di bantaran sungai pesu atau kali pesu, yang kemudian situs tersebut dinamai dengan situs kali pesu yang di duga itu adalah sebuah bangunan candi atau bisa juga piramida atau juga sebuah plengsengan sungai atau pembatas sungai.

situs kali pesu

situs kali pesu

situs kali pesu

situs kali pesu

One thought on ““blusukan w/ PASAK” Situs Kali Pesu & Komplek Irigasi Purba di Wates, Kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s