“Al-Baqarah : 281” ayat Al-Qur’an yang terakhir diturunkan

Al-Quran yang dalam pengertianku adalah sebuah pedoman hidup yang aku selalu mendapat banyak inspirasi dalam setiap ayat dan maknanya, Al-Qur’an adalah ensiklopedi seluruh cerita alam dan kehidupan. – @tiwwiDy

Al-Qur'an Al-Kareem

Al-Qur’an Al-Kareem

Untuk mengawali tulisan ini inginku mengucap, “Alhamdulillah ya Allah kau Islam-kan keluargaku sehingga aku juga Islam”. Yaa, agama yang kita anut sejatinya adalah warisan, dan awalnya aku kira, sebuah agama adalah sebuah takdir yang Allah berikan, yang kita tak dapat memilihnya seperti kita yang tak dapat memilih dikeluarga mana kita akan dilahirkan, namun ternyata hati nurani manusia adalah bisa memilih sehingga aku tetapkan bahwa,

Islam adalah agamaku, Allah adalah Tuhanku, Muhammad adalah Nabiku dan Al-Qur’an adalah pedomanku.

Al-Qur’an adalah sebuah pedoman, maka dari itu sedari kecil, sebagai seorang muslim kita telah diajari untuk bisa membacanya. Mulai dari pengajaran satu persatu huruf Hijaiyah dalam Iqro’, surat-surat pendek dalam juz 30 yang tercover dalam Juz Amma, hingga bila telah benar-benar lancar dalam membaca dilanjutkan kepada Al-Qur’an.

Yaa, selama ini menurutku Al-Qur’an hanya sebatas sebuah bacaan yang wajib dibaca, yang dimengerti maknanya dan menerapkannya dalam kehidupan. Karena memang, sedari kecil tidak pernah sekolah di sekolah agama, maka dari itu untuk Universitas aku memilih yang ada huruf I didalamnya. Walaupun kadang merasa minder karena jujur, banyak teman yang sudah mengerti tentang agama, dan aku hanya sebatas tau saja, namun disitulah sebenarnya tantangannya, dan benar, sekolah di sekolah Islam membuatku lebih mencintai agamaku karena ternyata banyak yang tidak kuketaui, salah satunya,

Selama ini, sejauh apa yang diterangkan guru agamaku di SD, SMP dan SMA, ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5 dan ayat yang terakhir kali turun adalah Al-Maidah ayat 3.

Namun, recently, ku ketahui bahwa ayat yang terakhir turun bukanlah Al-Maidah ayat 3, sebuah ayat yang turun ketika Nabi Muhammad sedang melakukan haji wada’ atau haji perpisahan. Walaupun masih terjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama tafsir tentang ini namun yang arjah adalah Al-Baqarah ayat 281.

وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ۖ ثُمَّ تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“And fear a Day when you will be returned to Allah . Then every soul will be compensated for what it earned, and they will not be treated unjustly.” (Al-baqarah : 281)

Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (Al-Baqarah : 281)

Al-Quran (Al-Baqarah : 281)

Al-Quran (Al-Baqarah : 281)

Pendapat itu adalah berdasar riwayat dari Ibnu Abi Hatim dari Said bin Jubair, yang mengatakan bahwa ayat tersebut turun dengan jarak 9 hari sebelum wafatnya Nabi Muhammad.

Logikanya, Nabi Muhammad wafat pada tanggal 12 Rabiul awal, sedangkan Nabi melakukan haji wada’ pada tanggal 9
Dzulhijah. Terdapat rentang yang cukup lama antara bulan Dzulhijah dengan Rabiul Awal yaitu sekitar 3 bulan, Dzulhijah-Muharram-Shafar-Rabiul Awal.

3 bulan bukanlah rentang waktu yang singkat dan tidak mungkin selama itu Nabi tidak menerima wahyu dari Allah, mengingat jumlah ayat dalam Al-Qur’an mencapai 6236 ayat.

Walaupun menurut logika adalah masuk akal, namun tak boleh lah menafikkan pendapat ulama lain yang jelasnya seorang ulama mengeluarkan pendapat adalah berdasarkan dengan ijtihad atau dasar yang kuat. Wallahu’alam, kita kembalikan saja semuanya kepada Allah.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s