creative writing with Gagas Media & Bukune

Ia mengiringimu, menyetia dalam diam..
Kadang, kau menantinya, menunggu kedatangannya..
Tak jarang, kau memaki, mengutuk kepergiannya..

Namun, ia masih mengiringimu, menyetia dalam diam..

Begitulah cinta seperti seharusnya.. Seperti hari-hari yang menampung keluh kesah, membangun keabadian, mencipta sejarah dlam kenangan..

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu..

Ia menyetia.. Menyertaimu dalam luka, juga bahagiaa.. – Menuju(h)

Itulah beberapa bait kata-kata indah yang tertera di cover belakang sebuah novel dengan judul Menuju(h) yang ku bolak-balik selama perjalanan Kediri-Surabaya. Hanya ku bolak-balik tanpa kubaca. Kala itu kemarin, senin pagi, 19 November 2012, aku dan 7 teman dari LPM Dedikasi dan juga driver kita yang aku selalu memanggilnya Mas Wakil, dalam pagi-pagi buta tepat setelah sholat subuh terlaksana kami berangkat menuju Surabaya untuk menghadiri sebuah Seminar Penulisan Kreatif oleh Gagas Media dan Bukune, yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Airlangga.

Pada awalnya sempat terjadi ke-mbulet-an beberapa jam sebelum berangkat yang berawal dari kehabisan tiket kereta, hujan yang tak kunjung turun yang mengakibatkan kebatalan berangkat dengan bus, dan juga kondisi diri yang sedang dalam masa recovery, namun alhamdulillah akhirnya berangkat ber-9 dan kusebut ini sebagai balas dendam atas long holiday weekend yang terhabiskan untuk istirahat, hahaa..

Sempat macet berkali-kali, pengalihan jalan karena ada proses pembangunan jembatan, ketidaktauan sang mas driver dan kami semua tentang jalan menuju UNAIR kampus B yang hanya mengandalkan Google Map, namun alhamdulillah lagi, kami sampai tepat waktu dan tersempatkan pula having breakfast di kantin FIB UNAIR.

Acara dimulai tepat pukul 09.00 yang dimulai dengan penampilan ekslusif dari salah satu speaker, mas Indra Widjaya sang curly charming boy, dilanjut dengan pembukaan oleh ketua panitia, lanjut pemberian materi dari keempat speakers.

The first speaker, Aan Syafrani, salah penulis novel Menuju(h) ini dalam speakingnya mengutarakan sebuah kalimat yang inspiring banget, “Ide adalah dasar kita menulis, pembeda karya. Ide bisa datang sendiri tanpa kita harus mengundangnya”. Mas-nya juga menjelaskan banyak hal dengan gayanya yang santai namun tetap dalam kesan formal. Salah satu hal dari penjelasannya yang sempat tercatat secara lengkap olehku adalah, ketika kita memutuskan untuk menulis maka kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu tema, karakter, konflik, setting, plot dan pasar.
Dan bila semua itu sudah terpikirkan maka selanjutnya adalah membuat kerangka atau outline untuk mengembangkan tulisan kita. Seperti menuangkan ide, mendeskripsikan karakter, tujuan cerita, dan mengatur urutan konflik.

The second speaker is Indra Widjaya, mas-nya ini adalah mahasiswa hukum Universitas Brawijaya yang juga pengarang dari novel “Idol Gagal”. Mas-nya memberi materi tentang personal literature (pelit) atau cerita pengalaman pribadi. Pola dari pelit ini cukup simpel yaitu cukup dengan kejadian dan ingatan dari sang penulis saja. Menulis pelit jadi semacam flash back memory lama yang tersimpan dalam diri.

Beberapa list tips dalam menulis personal literature,
– pemilihan kata – sesuaikan karakter
– buat seolah-olah cerita pada diri sendiri – jangan lupakan hal-hal sepele dalam hidup
– bikin alur dan uraikan dengan teliti – baca ulang

dan terakhir, mas kribo yang mungkin memiliki cita-cita menggantikan Andy F.Noya ini berpesan,
dalam menulis jangan takut gagal,
jangan takut salah,
jangan takut dikritik,
jangan takut bertanya kepada yang sudah ahli.

The third speaker, Christian Simamora, speaker paling lucu dan paling heboh, hehee, mas-nya ini adalah Editor dari Gagas Media, jadi klo kita ingin mem-publish buku ke gagas media pastilah tulisan kita akan dibaca oleh mas-nya.
Dalam stand up-nya, mas-nya menjelaskan tentang novel FIKSI dan NON FIKSI.
novel fiksi adalah sebuah novel yang ceritanya hanya berupa khayalan dan imanjinasi dari penulis. Sedangkan novel non-fiksi adalah sebuah novel yang harus berdasarkan referensi dan kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

The Last Speaker and this is the great someone, Windy Ariestanty, ini dia Pimpinan Redaksi dari Gagas Media. Sebelum mulai mempresentasikan materinya, terlebih dulu mbak windy memberikan sebuah latihan meneruskan kalimat dalam waktu hanya 3 menit kepada seluruh peserta, ia pun memberikan satu paragraf untuk selanjutnya diteruskan dengan imajinasi masing-masing.

kapan terakhir kali kamu menerima kartu post?
kartu post yang dikirim dengan amplop berbau harum
bau buah persik pada musim panas yang memenuhi penjuru kota
yang membuatmu tersenyum sembari membayangkan
sedang apa si perngirim bersamaan kau membaca kartu pos itu..

untuk kalimatku tak usahlah kusebutkan, hahaa, next, lanjut tentang materi yang disampaikan oleh mbak Windy dalam bahasa inggris, she said that she loves english..

here are some tips to publish your writing to Gagas media or others publishers
> gain a lot of information about publishers
> follow all the requirements if you want to submit your manuscripts
> just wait for the publisher’s reply

and when we decide to submit it, we should not forget these,
+ type your manuscripts
+ attach your synopsis about your story, don’t write it much
+ give some reasons why they’ve to publish it (plus point)
+ package your manuscripts nicely
+ make sure you leave your name, address, email, and contact
+ create an interesting title
+ call the editor at the perfect time
and always keep spirit to write!!

that’s some tips from every speakers that i got from seminar yesterday, and i thought it was a great event and many beneficial lessons about writing i got there.
just write everything you want to write because writing will make you such a historian maker..😉

w/ Christian Simamora

w/ Christian Simamora

with Indra Widjaya

with Indra Widjaya

foto bersama di depan Gedung FIB UNAIR

foto bersama di depan Gedung FIB UNAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s