#1stKopdarBloggerKediri BLOCKED (BLOgger Cah KEDiri)

Bisa dibilang hari ini adalah sebagai hari yang cukup bersejarah untuk dunia per-blogger-an Kediri. Hari ini, Minggu 6 Januari 2013 telah teradakan sebuah event 1st Kopdar Blogger Kediri yang digagas oleh beberapa blogger Kediri yang peduli kepada keberlangsungan Komunitas Blogger Kediri. Sebenarnya, Kediri dulunya sudah pernah ada sebuah Komunitas Blogger bernama kotatahu.org namun sekarang entah kemana gaungnya, oleh karena itu atas inisiatif dari Fajar Rohman Hariri seorang blogger Kediri, lahirlah sebuah nama baru yaitu BLOCKED (BLOgger Cah KEDiri) sebagai reborn-nya Komunitas Blogger Kediri.

Komunitas Blogger Kediri (BLOCKED)

Komunitas Blogger Kediri (BLOCKED)

Acara #1stKopdarBloggerKediri hari ini dijadwalkan mulai pada pukul 08.00 am di Monumen Simpang 5 Gumul dengan pertimbangan disanalah tempat yang paling mudah untuk dijangkau. Dengan jumlah 24 Blogger Kediri yang datang, dari mulai Newbie Blogger seperti saya hingga Professional Blogger, acara di pagi yang mendung tadi dimulai dengan memperkenalkan diri mereka satu persatu. Setelah dirasa, paling tidak tau nama satu sama lain, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang Komunitas Blogger Kediri kedepannya. Mulai dari nama resmi, visi & misi, agenda terdekat, rencana jangka pendek dan panjang dan lain-lain. Akhirnya, berdasarkan kesepakatan bersama Nama reborn dari Komunitas Blogger Kediri adalah BLOCKED (Blogger Cah Kediri), yang sebelumnya terdapat beberapa pilihan nama yang tak kalah menariknya.

Berkaca dari Komunitas Blogger-Blogger seluruh indonesia yang mempunyai sebuah nama unik untuk kegiatan-kegiatan mereka, tercetuslah sebuah istilah MBLARAH yaitu Mengenalkan Budaya LAn sejaRAH yang ada di Kediri. Jadi semacam kopdar untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kediri. Tau kan kalau dulunya Kediri adalah sebuah Kerajaan yang Besar di jamannya, walaupun peninggalannya tidaklah banyak ditemukan akibat dekatnya Kediri dengan gunung Kelud yang hingga sekarang masih aktif. Saya jadi ingat, guru geografi saya pernah berkata bahwa Gunung Kelud adalah satu-satunya gunung berapi didunia yang memiliki bentuk kerucut kebawah untuk menyimpan magma-nya. Jadi bila sampai meletus maka sungguh akan dasyat dampak bencana yang ditimbulkan. Mungkin itulah sebabnya Kediri yang dulunya Kerajaan besar bisa lenyap tak teridentifikasi hingga sekarang.
Dengan adanya agenda MBLARAH, diharapkan para blogger Kediri dapat turut serta meng-ekspose kepada dunia tentang Sejarah dan Budaya yang ada di Kediri dalam postingan.

Acara pun berjalan cukup santai dengan pembawaan Pak Ojek yang humoris dan cah-cah blogger yang pastinya harus ekspresif hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 11.00 am dan acara pun diakhiri dengan toss bersama hingga foto bersama di depan Monumen Simpang 5 Gumul. Setelah berfoto semua berpamitan masing-masing.

Blogger Cah Kediri (BLOCKED)

Blogger Cah Kediri (BLOCKED)

Saya kira #1stKopdarBloggerKediri akan berhenti sampai disitu dengan pulangnya sebagian besar peserta, namun, ada kejutan lainnya yang sungguh mengejutkan datang.

Sudah terbicarakan sebelumnya dengan Pak Nurmanto, sang Ketua Blogger Nganjuk, tentang kopdar dengan senior blogger Kediri, namun sungguh tadi pagi beliau tidak mengatakan apapun dan hanya ingin gabung datang pada event #1stKopdarBloggerKediri saja. Acara sudah selesai namun ternyata beliau tidak kunjung datang, aah, saya kira memang tidak jadi datang. Makanya, ketika salah satu dari teman blogger bernama Ya Sudahlah mengajak beberapa yang bersedia untuk sekedar membeli es, saya dan adek saya pun setuju, toh hari ini saya ada acara jam 1 dan harus menunggu 2 jam untuk sampai pada jam 1. Lalu kami ber-9 yang terdiri dari Saya, Silvi, Pak Ojek, Pak OK, Ya Sudahlah, Na Nank, Alakadarnya, Chrisphy, dan Utomo memilih Es Oyen dalam gerobak yang terletak di barat Simpang 5 Gumul.

Beberapa saat ketika kami semua menikmati seruputan es tiba-tiba Pak GoBlog NgeBlog memanggil dan mengejutkan, kami akan diajak bertemu dengan seorang Senior Blogger Kediri bernama dr. Purba Kuncara. Kami pun bergegas menemui beliau dan menuju JW Internet & Cafe. Sungguh, sebenarnya jarak Simpang 5 Gumul ke JW Cafe adalah jauh, namun semua itu hilang dengan semangat untuk mendapatkan pengalaman baru dari Senior Blogger Kediri.

Dan benar, sesampainya di JW Cafe, kami pun diminta untuk berkenalan satu persatu dan menceritakan pengalaman Nge-Blog-nya selama ini. (Aaaak, saya malu sekali karena sungguh Nge-Blog saya selama ini hanya untuk menyalurkan bakat menulis saja, dan lainnya sudah merambah bukan saja pada contain tapi juga monetizing). Setelah semua bercerita tentang pengalaman ngeblognya, giliran beliau Pak Purba Kuncara menceritakan pengalamannya.

1st Kopdar Komunitas Blogger Kediri

1st Kopdar Komunitas Blogger Kediri

Pada awalnya pendidikan beliau adalah seorang dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, pada suatu hari beliau melihat sebuah majalah tentang tutorial Nge-Blog. Awalnya hanya sekedar iseng namun akhirnya kecanduan Nge-Blog hingga beliau nyaris ingin drop out dari pendidikannya karena ingin menjadi full time Blogger yang dirasa lebih lumayan daripada sekedar menjadi dokter. Namun akhirnya pendidikan sebagai dokternya selesai, hingga ketika saat praktek sungguhan, beliau berniat untuk meninggalkan dunia medis dan beralih ke dunia Blogger. Aah, saya tidak telalu paham dengan cerita beliau tentang bisnis yang beliau kerjakan, yang jelas bergerak di bidang semacam jasa video streaming, radio streaming, dan lain-lain.

Dilanjut sharing tentang mengenang cerita blogger pada masa dulunya, saling bercerita tentang Komunitas Blogger seluruh Indonesia, bagaimana mereka bisa bertahan hingga ada pula yang tenggelam tak terselematkan, hingga cerita tentang rencana nantinya untuk tetap meramaikan komunitas, “Mengawali sebuah komunitas itu adalah sangat mudah, namun yang sulit adalah mempertahankannya.” pesan dari Ketua Blogger Kota Angin.

Sharing pengalaman yang begitu menginspirasi, dan sekitar pukul 01.00 pm kami mengakhiri acara kopdar sesi kedua tersebut walaupun ketika sudah ditutup ada sebuah pembicaraan lagi tetap diterukan karena sungguh menarik. Itulah cerita hari ini, cerita #1stKopdarBloggerKediri untuk reborn-nya Komunitas Blogger Kediri yang bernama BLOCKED.

11 thoughts on “#1stKopdarBloggerKediri BLOCKED (BLOgger Cah KEDiri)

  1. Btw, Reborn itu berarti sudah pernah ada yah Blogger Kediri?

    And saya mengucapkan selamat ats terlharinya kembali (reborn) BLogger kediri | BLOCKED namanya seru…ke-inggris-inggrisan apa karena kediri ada Kampung Inggrisnya ya?

  2. iyaa mas, dulu namanya kotatahu.org..

    hehee, endaak lah, eh tapi bisa jadi alasan juga tuuh..
    alasan memakai nama BLOCKED karena lebih gampang diingat saja..😉
    terima kasiih mas MDarulM.net..

    • wahh, seru nih.. aku nde palu mas…
      kemarin smpet liat kotatahu.org lha sekrg ilang… gimana kalau sementara kita buat komunitas di fb dulu.. yah, itung-itung forumnya kediri blogger lah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s