Roti Kukus Messes Orange Flavor

Adanya serangkaian acara hajatan di keluarga membuat 1 minggu alam liburan panjangku full engan urusan dapur. Sudah menjadi sebuah tradisi keluarga dari dulunya, kalau ada hajatan atau slametan di rumah semua masakan dan jajanan harus ada yang hand made atau buatan sendiri. Kalaupun masakannya ada yang pesan, beberapa pasti ada yang dimasak sendiri. Kata ibuk, “biar kompornya tetap hangat pas keluarga kumpul..”

kukus

kukus

Yap, aku kira inilah sebenarnya yang membuat kedekatan keluargaku jadi begitu sangat erat. Memasak bersama dari bahan paling mentah hingga siap saji dan dalam memasak pasti banyak canda tawa dan cerita yang tersaji juga. hmmm, kangeeen..

Oke, kali ini saya ingin berbagi resep Roti Kukus. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa kue ini cara memasaknya adalah dengan cara dikukus. Dan kemarin saya diberi tanggung jawab oleh Mbak untuk membuat kue ini, dari mulai bahan mentah terigu, telur dan sebagainya hingga jadi Roti Kukus yang uuuh enak bangeet!! hahaa.. eh, belum semahir chef kali yaa tapi paling tidak bisa.

Oiya, ibuk ku adalah seseorang yang pandai banget masak loo, dan dulu sedari aku masih kecil beliau sering mencatat resep baru di belakang pintu almari-almari penyimpan alat-alat dapur, kalau saya, saya catat di blog saja yaa agar bermanfaat..
Dibawah ini adalah resep untuk

Roti Kukus Messes Orange Flavor

,

Roti Kukus Messes Orage Flavor

Roti Kukus Messes Orage Flavor

Ingredients :

– Terigu = 1/2 kg
– Gula = 1/2 kg
– Telur = 4 butir
– Vanili = 1 cup kecil
– SP = 1/2 wadah
– Air Soda = 1 botol
– Essens rasa Jeruk = secukupnya
– Messes Coklat = secukupnya

How to make it..

pertama, siapkan mixer lalu masukkan gula, vanili, SP, telur, lalu aduk hingga adonan menjadi halus. Lalu masukkan air soda perlahan-lahan dan yang terakhir masukkan tepung terigu dan essens jeruk..”
cara penataannya, sebenarnya tanpa diberi messes pun tidak apa, namun agar tampilan kue lebih cantik maka ditaburi messes diatas adonan yang sudah ditata dicetakan lalu ditutup dengan sedikit adonan lagi agar ketika dikukus dan adonan berkembang, si messes jadi muncul kepermukaan. Lalu kukus selama kurang lebih 15 menit. Daan siap untuk disajikan..

Mudah bukan?? selain membuatnya mudah, bahan-bahannya pun pasti ada dalam kulkas dalam setiap harinya. Jadii, selamat mencobaa.. NB : untuk messes bisa diganti dengan sukade, kacang-kacang-an dan lain-lain sesuai selera..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s