Pantai Tambakrejo: ombak dinamis, splashing wave dan negeri belanda


Seperti dunia yang Allah ciptakan tak seragam begitu juga halnya dengan pantai, mereka memiliki keindahannya tersendiri, seperti pantai tambak rejo blitar, sebuah pantai ombak besar dengan pemandangan negeri di belanda.. @tiwwiDy

Pantai Tambakrejo, Blitar

Pantai Tambakrejo, Blitar

Libur pun sudah berujung tapi aah, kalau mendekati masuk selalu serasa liburnya kurang panjang walaupun rasanya sudah sedemikian capeknya diberi liburan selama seperenam tahun. Dipenghujung liburan semester kali ini pun, aku dan teman-teman melepas segala penat selama liburan dengan mengunjungi salah satu pantai di blitar, pantai tambakrejo. Awalnya berniat ingin menikmati keindahan di pantai pelang trenggalek namun karena mendengar kabar kalau akses menuju pantai sangat buruk maka berpindah haluan menuju ke blitar dengan pertimbangan lumayan dekat dengan kediri.

Aku dan ke 7 teman kuliah-ku (mas wakil, ma’ruf, asfa, faiq, mohammad, fitria) dan tak lupa kuajak juga my sister silvi, alhamdulillah sedang pas banget libur juga, berangkat dari kediri menuju blitar sekitar pukul 07.45 am. Tak perlu waktu lama untuk sampai di blitar karena selain berdekatan juga karena pak sopirnya si mas wakil memacu kendaraan layaknya mobil balap dengan jalan bergelombang alhasil serasa naik jet coaster, hahaa..

Tak sulit untuk menemukan lokasi pantai tambakrejo ini karena di km tertentu terdapat papan arah yang dijamin tanpa bertanya orangpun akan langsung tau lokasinya, mmmm walau tadi sempat bertanya sih sekali, namun benar kan malu bertanya sesat di jalan. Keluar dari kota blitar kita disambut oleh rumah-rumah warga yang menurutku gaya rumah mereka itu lain, khas pesisir banget dengan tanah-nya semi merah. Ketika sampai di kecamatan kademangan terdapat perempatan unik, ditengahnya terdapat pohon beringin besar yang menjadi tempat mangkal tukang ojek, untuk menuju lokasi pantai Tambakrejo ambil jalan lurus, sebenarnya agak menyerong ke kanan, dan jika belok kiri akan menuju ke goa embul atau apa yaa tadi.

Perjalanan tertempuh sekitar 1,5 jam dengan medan begitu sempit dan jalannya berkelok-kelok, namun jangan khawatir pemandangan yang tersajikan bener-bener breath-taking banget, subhanallah, perbukitannya beda dengan yang kutemui sebelumnya ketika menuju ke pantai-pantai lain. Bukit-bukitnya terbentang hijau rapi begitu kontras dengan birunya langit dan disalah satu sisi scenery bisa terlihat pantai biru membentangkan horizon bumi. Biru yang beda dengan biru langit, biru khas pantai. Setelah menempuh kurang lebih 23 km dari kota blitar sampailah di pantai tambakrejo, kami pun disambut dengan perahu warna-warni nelayan yang dilabuhkan di pinggiran pantai. Oiya, sebelum sampai di pantai terdapat sebuah gerbang masuk bertuliskan “selamat datang di kawasan wisata pantai tambakrejo blitar” dengan petugas yang segera menyambut dengan tiket ditangan bertuliskan Rp. 3000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak.

Pantai Tambakrejo, Kabupaten Blitar

Pantai Tambakrejo, Kabupaten Blitar

Pantai Tambakrejo, Kabupaten Blitar

Pantai Tambakrejo, Kabupaten Blitar

ujung timur pantai Tambakrejo, Blitar

ujung timur pantai Tambakrejo, Blitar

Ombak DInamis Pantai Tambakrejo, Blitar

Ombak DInamis Pantai Tambakrejo, Blitar

Sesampainya di pantai kami langsung menuju pesisir pantai paling timur karena pada awalnya kami berkesimpulan bahwa di sanalah spot pantai paling rindang, namun setelah benar-benar menjejakkan kaki di pesisir pantai muncullah kesimpulan lain. Ternyata di ujung timur pantai tambakrejo ini terdapat dua pertemuan antara air tawar dan air laut dengan ombak sangat dinamis, menyapu dengan lembut kakiku seperti sebuah teluk yang tenang dengan air pantai jernih sehingga warna abu-abu pasir dan warna biru kehijau-hijauan pantai menyatu jadi satu. Terdapat tebing yang tidak terlalu tinggi, baru kuketahui bahwa dibalik tebing itu terdapat pantai lain yang tak kalah eksotis yaitu pantai gondi mayit, hii, sereem namun kata orang pantai ini sungguh masih perawan. Sayangnya kesempatan tadi tak menyempatkanku untuk menuju kesana.

Bergeser ke barat terdapat sebuah atraksi alam yang begitu memukau hasil dari hantaman ombak dengan tembok pembatas tepi pantai. Setiap beberapa menit hasil hantaman ombak menghasilkan splashing wave satu meter keatas, subhanallah!!

Moment splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

Moment splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

best moment, splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

best moment, splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

best moment, splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

best moment, splasing wave di pantai tambakrejo, Blitar

Bergeser lagi ke barat menuju hamparan padang pasir pantai yang di tepian terdapat jejeran peharu cano warna-warni. Di barat jauh pantai terdapat sebuah scenery perbukitan yang bila kudefinisikan seperti pemandangan alam di negeri belanda hanya kurangnya tak ada kincir angin di sana. Terdapat pula tataan batu-batu pantai yang menanjung ke tengah pantai, entah dibuat apa, mungkin pembatas pantai juga. Setelah puas bermain-main dengan ombak pantai selatan kami pun bergegas untuk pulang karena hari sudah siang dan hawa-hawa khas pantai semakin menyeruak. Then we’re heading home, alhamdulillah, diberi kesempatan oleh Allah mengunjungi salah satu tetesan surga milik-Nya, pantai tambakrejo.

yes, we're there.. at Tambakrejo Beach, Blitar

yes, we’re there.. at Tambakrejo Beach, Blitar

6 thoughts on “Pantai Tambakrejo: ombak dinamis, splashing wave dan negeri belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s