Kapal Api Sumbu Lintas Generasi

sumbu kapal api

sumbu kapal api

Mungkin sudahsatu generasi atau mungkin lebih, telah menjadikan kapal api kecil ini sebagai mainan yang ajaib. Kapal dengan sumbu sejumput bergenangan minyak tanah serta api kecil yang bila dihitung satu, dua tiga menit akan membuat kapal kecil ini panas sehingga dapat berlayar berputar-putar bejana berisi air yang menjadi lautannya. Sebuah mainan yang luar biasa di mata anak yang jauh dari pesisir.

Sang penjual kapal bercat bermacam warna ini pun berpesan agar jangan sampai cekungan tempat bensin itu kemasukan air karena akan mengakibatkan kapal ini tak akan dapat berjalan lagi. Anak itu pun mengangguk dengan cepat walaupun sebenarnya ia sudah tak sabar untuk membawanya pulang dan menyalakannya dengan korekapi yang selama ini orang tuanya berteriak setiap ia mulai memantikkannya. Ia berpikir inilah kesempatannya untuk bisa bermain dengan alat yang dapat memancarkan api itu selain tentunya memainkan mainan baru, sebuah kapal api kecil.

Mata anak itu pun semakin bersinar ketika mendengar kretekan suara kapal api yang berputar-putar dalam bejana itu. Mungkin ia ingat suara asing dari kapal besar meraung-raung saat membawanya menyebrangi laut menuju suatu pulau. Suara sama yang membuatnya takjub membayangkan kapal besar itu di depannya.

Aah, mainan ini sudah berlayar menuju satu generasi baru, aku pun berharap kapal api sederhana ini akan terus berlayar selama mungkin dengan api yang tak pernah habis di pemantik-pemantik itu.

One thought on “Kapal Api Sumbu Lintas Generasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s