Srikandi Blogger 2013, mem-perempuan-kan Perempuan Blogger Indonesia

Sukseskan Srikandi Blogger 2013!!

Sukseskan Srikandi Blogger 2013!!

Sudah merupakan sebuah kebenaran umum bagi seorang perempuan yakni memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak untuk diucapkan daripada lelaki. Entah itu merupakan sebuah kodrat, sifat alami atau faktor dari dalam tubuh perempuan sendiri, yang jelas memang benar bahwa perempuan akan cenderung verbal. Namun sayang, perempuan tidak memiliki cukup ruang untuk menyalurkan apa yang sudah menjadi kelebihannya tersebut ke publik dengan adanya kodrat-kodrat lain dalam hidup, seperti kodrat menjadi anak, menjadi istri hingga menjadi ibu. Semakin memasuki tahap atas dari kodratnya tersebut maka perempuan akan lebih sulit untuk mengoptimalkan apa yang sudah menjadi kemampuan yang Tuhan anugerahkan kepada mereka. Semakin tinggi tahapan kodrat perempuan semakin tinggi pula pembatas yang membatasi untuk melakukan banyak hal.

Naah, dengan adanya dunia per-blogging-an, perempuan seperti mempunyai sebuah tempat untuk meluapkan kemampuan verbalnya tanpa batas. Dunia blogging menawarkan sebuah tempat cerita yang menyenangkan bagi perempuan tanpa harus kehilangan banyak waktu untuk kembali kepada kodrat mereka. Apalagi dengan adanya Komunitas Emak Blogger (KEB) yang merupakan sebuah rumah untuk menjalin persahabatan dan memfasilitasi semua perempuan yang suka nulis, ngeblog, atau sekedar curhat online di social media, untuk saling memberikan inspirasi, berbagi karya dan ide-ide positif, sehingga bisa menjadikan tulisannya sebuah karya yang bermanfaat.

Komunitas Emak Blogger (KEB)

Komunitas Emak Blogger (KEB)

Hal ini membuat saya merasa beruntung sekali bisa masuk dalam 50 Nominasi Srikandi Blogger 2013 yang menurut saya adalah sebuah ajang mem-perempuan-kan blogger perempuan Indonesia. Sebuah ajang yang mengapresiasi blogger perempuan agar lebih semangat lagi untuk menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia lewat tulisan dan karya-karya dalam blog-nya.

Saya sendiri sudah resmi 3 tahun aktif dalam dunia blogging. Alhamdulillah, kemarin tanggal 11 April tiwwidy.wordpress.com dapat notifikasi dari WordPress.com yang mengucapkan Happy 3rd Anniversary! Sebuah notifikasi yang cukup mengharukan mengingat sudah banyak kata ter-posting dengan segala haru-birunya, dan juga notifikasi yang berhasil menyuntikkan beberapa liter semangat untuk terus berkarya dengan konten-konten yang lebih menarik dan lebih istih istiqomah lagi dalam blogging.

Srikandi Blogger.

Srikandi Blogger 2013

Srikandi Blogger 2013

Dalam hati, pada awalnya saya kurang setuju dengan penamaan ini karena menurut cerita yang saya dapat dari Komunitas Sejarah di Kediri (PASAK), Srikandi sebenarnya adalah tokoh wewayangan berkelamin ganda yang keberadaannya menjadi pahlawan tersendiri dari kaum transgender. Namun diambil keteladanannya sajalah. Sejarah mencatat, Srikandi adalah figur tauladan prajurit wanita. Jadi jika mengacu pada pengertian tersebut maka, seorang Srikandi Blogger adalah figur seorang tauladan bagi blogger-blogger perempuan lain, figur yang menginspirasi, figur yang eksis dan berpengaruh luas dalam dunia blogging.

Sedikit cerita, penamaan Srikandi Blogger inilah yang sebenarnya membuat saya tertarik untuk gabung dalam ajang ini. Berawal dari seorang blogger nomaden berkomunitaskan plat-m.com bernama M. Darul M., menjuluki Blogger perempuan Kediri dengan sebutan Srikandi Blogger, jadi sebenarnya nama Srikandi Blogger sudah begitu familiar ditelinga saya. Dan ternyata pas sekali dengan adanya sebuah ajang yang diadakan oleh Komunitas Emak Blogger (KEB) bernamakan Srikandi Blogger, jadilah ia menyemangati saya untuk ikut. Sempat skeptis karena pengada dari ajang ini adalah Komunitas ‘Emak’ Blogger (KEB), yang saya sebenarnya belum menjadi seorang emak, namun ia berkata, “Emak kan seorang perempuan, dan kamu perempuan..” Jadilah saya dengan PD-nya meng-email-kan resume singkat tentang diri. Sempat terkejut ketika pengumuman 50 Nominasi Srikandi Blogger yang ternyata nama Tutut Indah Widyawati nangkring disana, padahal menurut saya, resume tentang diri saya biasa-biasa saja, namun bersyukur bisa terpilih setelah bersaing dengan ratusan blogger lain. Alhamdulillah. Menjadi 50 Nominasi Srikandi Blogger 2013 saja sudah merupakan sebuah prestasi tersendiri buat saya karena niat blogging selama ini hanyalah sebagai sarana penyalur hobby menulis saja.

Tak berharap lebih, namun bila boleh sedikit berandai-andai menjadi salah satu Srikandi Blogger 2013 yang terpilih, tentunya saya akan mengucap syukur kepada Allah telah memberikan saya kesempatan untuk menginspirasi blogger perempuan lain. Bayangkan, 10 besar Srikandi Blogger 2013 pasti adalah orang-orang yang inspiring banget. Tak lupa pula rasa terima kasih yang amat besar kepada MakPan-MakPan yang memberi kepercayaan kepada saya untuk bisa bergabung dari 50 hingga 10 Srikandi Blogger, aah, sungguh merupakan sebuah kehormatan yang besar buat saya.

Jika saya menjadi Srikandi Blogger, …

Seseorang pernah berkata bahwa, “sebelum menginspirasi banyak orang, mulailah menginspirasi diri sendiri.” Cara saya untuk menginspirasi diri sendiri adalah dengan membuat diri sendiri bangga atas apa yang saya lakukan. Dan salah satu kebanggaan diri saya adalah ketika berhasil istiqomah dalam membuat sebuah tulisan diblog dan ternyata ke-istiqomah-an dalam nge-blog serta selalu berusaha menyediakan konten yang menarik dalam setiap tulisan saya berhasil membuat orang lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Maka, inspirasi diri sendiri terlebih dahulu, maka orang lain akan terinspirasi.

Jika perandaian diatas nyata, saya akan menularkan virus menulis kepada perempuan Indonesia. Seperti quote saya diblog, “write will lead you be a historian maker, and read will lead you to see wide world” Karena hanya dengan menulislah pemikiran dari ilmuwan-ilmuwan terdahulu dapat terbaca oleh kita, dan menurut saya dengan membaca akan membuat diri ingin menulis. Lantas cara saya menularkan virus menulis adalah dengan mengadakan program kelas menulis online (KeMenOl) yakni sebuah program menulis yang tidak hanya akan mengulas tentang dunia tulis menulis dalam blog saja, namun juga tulis menulis diberbagai media, dengan pertimbangan saya lihat banyak sekali emak-emak di KEB yang telah expert dibidang tulis menulis sehingga alangkah lebih baiknya jika belajar bersama dengan emak-emak KEB, selain belajar juga bisa merekatkan tali silaturahmi.

Jika saya terpilih, saya akan men-support dan membagikan ide di segala kegiatan yang diadakan oleh KEB baik secara online (dan jika memungkinkan waktu dan tempatnya) maupun offline. Karena jujur, saya adalah blogger tanpa komunitas, jadi KEB ini adalah komunitas blogger saya yang pertama dan saya lihat dari agenda-agenda KEB yang sudah-sudah sejalan dengan salah satu visi dari komunitas Hijab Community Kediri yang saya ikuti yakni komunitas kekeluargaan dan sosial, jadi dengan saya bergabung di Komunitas Emak Blogger (KEB) ini seperti menemukan apa yang telah saya cari selama ini.

Hijab Community Kediri

Hijab Community Kediri

Blogilicious Madura

Blogilicious Madura

Jika saya menjadi Srikandi Blogger, saya akan mengusulkan kepada Mak Mira Sahid dan juga ikut serta untuk mengadakan sebuah Kopdar Emak-Emak Blogger di berbagai daerah di Indonesia sebagai ajang bertemunya Emak-Emak Blogger yang selama ini hanya bisa saling bersapa via online saja. Karena bertatap muka secara langsung akan sangat lebih berkesan dan berbagi cerita, pengalaman dan ilmu akan lebih berkesan. Seperti acara Blogger yang pernah saya ikuti di Madura Juli tahun lalu, Blogilicious, dalam acara tersebut para Blogger tidak hanya mendapatkan tambahan ilmu tentang Blog saja melainkan dapat berkenalan dengan Blogger-Blogger lain secara langsung. Dan dengan diadakannya Kopdar Emak-Emak Blogger nantinya saya harapkan bisa menjadi sebuah awal terbentuknya Komunitas Emak Blogger (KEB) diberbagai daerah, agar KEB tidak hanya terpusat di satu kota saja melainkan seluruh Indonesia.

Saya kira sekian dulu uraian pendapat saya tentang Srikandi Blogger berikut beberapa pengandaian diri seandaianya saya menjadi Srikandi Blogger. Sungguh, menjadi 50 Nominasi Srikandi Blogger saja sudah membuat saya merasa mendapat tempat tersendiri setelah sekian lama nge-blog yang hanya sekedar penumpahan ide dari hobby menulis saja. Maju tidaknya ke 10 Nominasi Srikandi Blogger menurut saya tidak menjadi masalah karena selama beberapa hari ini saya telah mendapat banyak hal, banyak rasa. Takjub, haru, semangat, dan kekeluargaan benar-benar saya rasakan dengan bertemu ke-49 Nominasi Blogger Srikandi yang lain, dan saya merasa sangat perempuan karenanya. []

8 thoughts on “Srikandi Blogger 2013, mem-perempuan-kan Perempuan Blogger Indonesia

  1. Entahlah tulisan mu itu selalu informatif dan mengalir….saat aku membaca setiap postingamu aku selalu mendapatkan sesuatu apapun itu. Itu jugalah sebabnya aku menyarankan dirimu untuk ajang Srikandi Blogger dari KEB ini. Semoga menang ya! Btw aku tetepa belum setuju kalau perempuan itu lebih banyak perbendaharaan katanya? memang iya? heheh

  2. Ada loh gelar Srikandi lain, sy temukan di dunia kesehatan. kalau ga salah Srikandi Sari Husada, saya baca poster tentang hal ini di ruang bidan langganan saya🙂. Sari Husada itu tulisan di kotak kemasan Perban atau Kasa Steril.

    Semoga mbak Tiwwi dimudahkan untuk mewujudkan kelas menulis itu sekaligus kopdarnya untuk memberdayakan perempuan, apapun yang terjadi.

    Semoga masuk nominasi 10 SB2013 ya. Dan akhirnya menang jadi Srikandi Blogger 2013.

    Salam gembira dari Tim Oyeee SB2013, hihihi

    Loveyu

    ps. wordpress baik banget ya ngirim email anniversary🙂

  3. ehem…
    waaaah adek sudah banyak berkembang ya… sudah menjadi blogger yang tak sekadar aktif menulis buat kepuasan diri, tapi juga buat kepentingan yang jauh lebih besar dari itu. banyak kemajuan… kakak sangat memuji, tapi di sisi lain kemajuan adek ini kayak cermin yang nonjok buat kakak. hehe.
    nonjok banget, karena sementara adek semakin maju, berkembang dan mendewasa dalam tulisan, kakak mah stagnaaan aja di tempat. bahkan cenderung mundur😀

    good job dek… kakak doakan semoga tembus 10 besar nantinya. cemuN9UUuuuuuDdHh!😀

Leave a Reply

