#BloggerBicara Komunitas, Ngeri Serunya!!

“Hal yang paling menakjubkan dalam hidup adalah ketika dapat bertemu dengan wajah-wajah baru, mendengar cerita hidup, pengalaman, berbagi pesan hingga perasaan lucu saat mendengar logat bicara yang meninggalkan bahak tawa. Dan, #BloggerBicara Komunitas yang diadakan oleh BLOGdetik.com sangat begitu menakjubkan karena mempunyai segala deskripsi diatas, even more..” @tiwwiDy

Seperti itulah kata pembuka yang saya rasa tepat untuk menggambarkan sebuah event keren yang teradakan Sabtu, 25 Mei 2013 lalu di Coffee Toffee, JX International, Surabaya. Bagaimana tidak keren, di acara #BloggerBicara Komunitas ini ternyata bukan hanya acaranya para Blogger saja lo!! Sempat berpikir bahwa acara ini pasti akan dipenuhi oleh teman-teman blogger ber-platfrom BLOGdetik.com, ternyata eh ternyata banyak sekali komunitas non-blogger seperti komunitas plurk Surabaya, komunitas motor Surabaya, para Relawan TIK, dan lain-lain. Dan, Alhamdulillah, saya termasuk salah satu dari 100 peserta yang beruntung dapat bergabung dalam acara #BloggerBicara Komunitas mewakili Komunitas Blogger Kediri setelah mendapat invitation email dari DBlogger Surabaya.

#BloggerBicara Komunitas w/ Blogdetik.com

#BloggerBicara Komunitas w/ Blogdetik.com

Sabtu malam sekitar pukul 16.15 pm, saya bersama Silviana, Bayu, Ria dan teman-teman Blogger Plat-M berjalan kaki menuju venue yang tak jauh dari Hotel tempat saya menginap selama acara #FestTIK2013. Sesampainya di Coffee Toffee, terlihat sudah beberapa peserta datang dan waah, rasanya selalu excited setiap bertemu dengan some well-known people seperti Om Gajah Pesing dan Om Karel Anderson yang selama ini hanya tau lewat foto-fotonya saja. Fufuu.. Eh, sudah biasa aja!! Langsung saya dan teman-teman diminta untuk registrasi dengan hanya tinggal mencari nama di-list peserta. Setelah registrasi kami pun masuk dan menempati kursi depan, yang alhamdulillahnya, jadi paling cepet dapatnya saat pembagian dinner dengan menu lontong sate. Hahaa..

Disela dinner dengan lontong sate yang maknyus itu, Om Karel membagikan sebuah kapsul lucu warna-warni berabjad yang tidak boleh dibuka selama belum mendapatkan instruksi. Karena penasaran, kapsul bertuliskan huruf H tersebut saya kocok-kocok dan ternyata berbunyi “tuk utuk” yang membuat saya bertambah penasaran. DILARANG DIBUKA!! Ya sudahlah, dan akhirnya saya lanjutkan lahap demi lahap lontong sate yang cara makannya ‘disunduki’ satu-satu dengan sunduk satenya tanpa menggunakan sendok. Lucu sih.

Sembari peserta menikmati dinner menu-nya, di-LCD depan diputarkan video opini masyarakat tentang pengertian Komunitas. Ada yang mengerti dan menjawabnya dengan benar, ada yang menjawab dengan loading lama banget, ada juga yang menjawabnya dengan alay, dan semua orang dikasih deskripsi diri yang lucu banget. Emang gokil abis deh kru BLOGdetik.com.

Sebelum acara benar-benar dimulai, saya mendapat kejutan yang shocking abis atas datangnya salah satu blogger plat-m, mas @MDarulM. Hmmm, ko bisa?? Ceritanya begini, sebelum berangkat ke Surabaya untuk menghadiri acara #FestTIK2013, saya ngobrol dengan beliau dan ketika saya tanya apakah datang ke acara #BloggerBicara, ia menjawab ndak bisa datang karena ada urusan penting. Bahkan sudah saya iming-iming akan saya bawakan tahu takwa Kediri kalau beneran mau datang, tapi jawabnya tetap tidak bisa hadir, dan ternyata, jreng, jreeng.. Mas Darul datang!! Aaarrgh, ngejutin banget!!

Datangnya Mas Darul tepat dengan Om Karel memulai acara #BloggerBicara Komunitas yang meminta kami, semua peserta, untuk tidak lagi membawa identitas komunitas masing-masing dan mulai membuat komunitas baru dengan peserta lain yang ada beranggotakan 10 orang, serta tidak boleh satu kelompok dengan satu teman komunitas asalnya. Suasana menjadi riuh rendah saat satu persatu peserta berdiri untuk menemukan kelompok baru. Saya pun pindah ke belakang dan memilih untuk satu kelompok dengan Mas Darul karena ingin menjitaknya karena sudah membuat kejutan malam itu. Hahaa.. Akhirnya satu persatu peserta sudah mendapatkan kelompok baru yang berjumlah 6 kelompok, dan saya masuk dalam kelompok yang beranggotakan Mas @MDarulM, mas @Loewyi, mas @Choitul, Agus, Mbak Illah, Mbak Risma, Mas Rahman, Glen Fadly, Fauns. Setelah semua terbentuk, Om Karel mulai mengintruksikan kepada ke-6 kelompok untuk berdiskusi menentukan nama komunitas baru yang baru saja terbentuk selama 5 menit. Kami pun tak membuang waktu. Diskusi dimulai dengan Mas Darul angkat bicara tentang nama ‘Tahu Takwa’ sebagai nama komunitasnya, by the reason, Tahu Takwa-lah yang sebenarnya membuat dia datang ke #BloggerBicara Komunitas. Hahaa.. dan lucunya semua anggota akhirnya setuju yang akhirnya Mas Darul juga dipilih menjadi ketua komunitas Tahu Takwa. Oiya, nama-nama ke-5 komunitas lain juga tak kalah unik loo, ada Komunitas Mata Hati, Komunitas Susi Mala Yes, Komunitas Pecinta Sate, Komunitas DETAK, Komunitas BasaMami.

Ke-6 Komunitas unjuk kebolehan dalam yel-yel..

Ke-6 Komunitas unjuk kebolehan dalam yel-yel..

Yap, setelah diskusi dengan ramai, peserta pun terdiam dengan suara Om Karel yang menginstruksikan kepada ke-6 komunitas untuk membuat yel-yel. Tahu Takwa pun langsung mendapat ide dengan meng-arrangement ulang lagu ‘iwak peyek’ dengan lirik sebagai berikut “Tahu Takwa, Tahu Takwa Lontong Sate, Dari Kecil Sampai Tua Kita semua Paling Okee..” keren kan!! Satu persatu komunitas pun menampilkan yel-yel mereka dengan semangat walaupun beberapa terlihat kocak karena memang limitnya persiapan, namun justru itulah yang membuat gelak tawa seluruh peserta tumpah. Setelah semua komunitas unjuk kebolehan dari yel-yel terbaik mereka, Om Karel ngasih kejutan dengan diberikannya door prize berupa voucher belanja senilai satu juta dari @MbaTitis kepada komunitas dengan yel-yel terbaik yang simple, dan Komunitas Mata Hati-lah yang terpilih.

Ditengah-tengah acara, sesuatu pun terjadi. Ke-6 Komunitas diminta untuk memikirkan kemungkinan masalah yang pasti terjadi dalam komunitas. Komunitas Tahu Takwa pun berdiskusi santai sambil menikmati Iced Coffee dan French Fries dari Coffee Toffee, yang akhirnya menyepakati ada beberapa masalah yang perlu diangkat. Ke-6 Komunitas diberi kesempatan untuk mengungkapkan problem yang terjadi dalam komunitas mereka, dan kelompok lain juga diberi kesempatan untukmemberikan solving-nya. Saat giliran Tahu Takwa tiba, Mas Darul pun mengutarakan 2 masalah komunitas yang ketika dalam penyampaiannya sempat lupa saat tiba dalam masalah yang kedua. Beberapa komunitas pun menanggapi dan memberikan solusi kepada permasalahan mas Darul, dan karena terpancing dengan salah satu statement dari komunitas yang menanggapi, mucullah sebuah pertanyaan dalam diri. Ketika saya mulai berdiri untuk bertanya, entah kenapa semua bersorak dan memanggil saya dengan sebutan fatin (-_-“), sontak pertanyaan saya jadi hilang dan jadi salah tingkah tak karuan karena lupa. Dan parahnya lagi, kelupaan saya membuat semua peserta semakin bersorak dengan mengatakan, fatin lupa lirik. Ooh My God!! Padahal perasaan, saya tidak ada mirip-miripnya dengan fatin. Weeee.. (-_-“) Namun disitulah sebenarnya letak kekreatifan dari peserta #BloggerBicara Komunitas, Kocak Abis, dan Koplak yang mungkin Ke-Koplak-an itu dikarenakan acara #BloggerBicara Komunitas di-live streaming-kan oleh @Babeh_Helmi, sang Koplak Yo Band. Hahaa.. Oiya, Karena Komunitas Tahu Takwa memberikan permasalahan yang lumayan banyak, maka Alhamdulillah, mendapatkan beberapa goodie bag dari Qwords.com sebagai hadiah atas Komunitas paling interaktif loo. Horee!! Ndak sia-sia deh udah malu karena lupa pertanyaan hingga disebut sebagai fatin.

Tak terasa jam pun sudah menunjukkan pukul 08.30 pm, seluruh peserta diminta untuk membuka kapsul ajaib tersebut yang ternyata kapsul ajaib warna-warni itu adalah jelmaan dari pulpen. Woalaah.. Namun tidak hanya itu, abjad yang tertera di kapsul itulah yang sebenarnya adalah intinya. Om Karel meminta bagi siapa saja yang memegang huruf K.O.M.U.N.I.T.A.S untuk maju ke depan dan memperebutkan beberapa door prize yang disponsori oleh detikForum, Honda One Heart, dan QWords.com. Unfortunately, saya mendapatkan huruf H sehingga tak dapat kesempatan untuk maju ke depan. Dari Komunitas Tahu Takwa sendiri, Mas @Loewyi dan mas @Coitul lah yang beruntung dapat maju ke depan walaupun akhirnya yang beruntung mendapatkan voucher senilai satu juta jauh pada @ChandraBJ dari Komunitas Mata Hati. Semua door prize pun dibagikan saat itu juga, kecuali door prize utama yaitu Galaxy Tab 2,7 disponsori oleh Honda One Heart yang untuk mendapatkannya 100 peserta #BloggerBicara Komunitas harus membuat review tentang acara #BloggerBicara.

100 peserta #BloggerBicara Komunitas

100 peserta #BloggerBicara Komunitas

Sebelum benar-benar bubar dan kembali ke habitat masing-masing, eh, tempat masing-masing seperti biasa tak lupa semua peserta #BloggerBicara Komunitas ber-foto bareng di depan JX International, Surabaya. Oh iya, sebelum berfoto, BLOGdetik.com juga membagikan kepada seluruh peserta goodie bag lucu yang menurut saya terbuat dari kain karung beras sehingga terlihat begitu unik. Dan ini dia isi goodie bag-nya.

Goodie Bag from Blogdetik.com

Goodie Bag from Blogdetik.com

#BloggerBicara Komunitas, walau acaranya tak lebih dari 4 jam namun saya yakin bahwa 100 peserta yang hadir akan mengenangnya sepanjang masa. Karena bukan hanya pengalaman baru yang didapat, lebih dari itu mendapatkan juga keluarga baru dari penjuru Indonesia, karena memang peserta yang hadir berasal komunitas blogger dari Surabaya, Malang, Bojonegoro, Madura, Gresik, Nganjuk, Kediri, Bandung bahkan dari luar Jawa seperti Kendari, Palopo, Makassar, Gorontalo, dan lain-lain yang masing-masing mempunyai cerita hebat masing-masing. []

5 thoughts on “#BloggerBicara Komunitas, Ngeri Serunya!!

  1. Tapi tetep loh ya, masih ada janji untuk bawain Tahu Takwa….*mupeng*..oiya untuk yel-yel yang kece itu inspirasi dari @choitul. Dan Haha seneng deh bisa ketemu di BloggerBicara, bisa 1 kelompok juga dan nama Kelompoknya Tahu Takwa pula..sayang Tahu Takwanya tidka ada hahahaha🙂

    • hahaa, tapi tetep juga lo yaa, ditunggu di Kediri..😉
      waa, seneng jugaa apalagi dapat kejutan ‘njedul’nya mas Darul malam itu.. Aak!! terima kasiih sudah datang mas..

  2. Seru banget ya #BloggerBicara Komunitas Kemarin, kita semua bisa kumpul bareng, Kopdar, dan Bercanda.
    Maaf ya gak bisa memuaskan adek dan temen-temen selama berada di Surabaya dan Madura.
    Semoga menang kontesnya ya… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s