Seribu Salam #CintaRasul dari Bapak

Sholatun minallah wa alfa salam, ‘alal Musthofa Ahmad syarifil maqom..

Begitulah cuplikan lirik lagu kesukaan masa kecil yang baru saja berhasil saya cari lagi dan saya temukan di youtube. Alfu Salam, sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Hadad Alwi dan Sulis. Sebenarnya, saya sudah punya album Cinta Rasul dari mulai Cinta Rasul 1 hingga 5, namun berbentuk kaset tape yang sekarang sudah usang dan juga tidak pernah lagi diputar karena radio tape-nya juga koid.

Aah, mendengarkan lagu ini berhasil membawa saya mengingat masa dimana belum ada kata kemarin dalam hidup. Masih ada Ibuk, masih ada mas kedua dan mbak yang tinggal di rumah, masa yang masih sangat ramai sekali di rumah, tidak seperti sekarang.

Sambil memutar lagu Alfu Salam, saya ingin bercerita tentang kenapa lagu ini menjadi lagu favorite saya dan Bapak. Bahkan karena saking Bapak mem-favorite-kan lagu ini, kaset-nya pun diistimewakan dengan dibungkus kertas putih yang Bapak menuliskan diatasnya “ALFU SALAM” dan disimpan rapi oleh Bapak sendiri. Padahal sebenarnya ini kaset punya saya namun karena Bapak suka jadinya yang nyimpan Bapak, oleh karenanya masih selamat hingga sekarang ini sedangkan Cinta Rasul 1,2,3 dan 5 entah pergi kemana.

Kaset Lagu "Alfu Salam" Hadad Alwi & Sulis, #CintaRasul

Kaset Lagu “Alfu Salam” Hadad Alwi & Sulis, #CintaRasul

Dulu ketika saya masih di sekolah dasar, sekitar akhir tahun 90-an, di-TV sedang booming-booming-nya lagu Cinta Rasul yang dinyanyikan oleh si kecil Sulis dan Hadad Alwi yang lagu-lagu mereka berhasil membuat anak-anak kecil pada jamannya mengoleksi album demi album CInta Rasul. Dan saya termasuk yang selalu update album terbaru Sulis “Cinta Rasul” karena memang lagunya mudah dihafal dan penyanyinya juga anak-anak. Bagaimana dengan jaman kalian dulu? Mengkoleksi lagu Cinta Rasul juga tidak?

Naah, preface ceritanya adalah bermula dari Ibu saya yang seorang aktif di organisasi Ibu-Ibu Fatayat Nahdhatul Ulama yang karenanya dulu rumah sering sekali mengadakan pengajian. Sore hari sebelum maghrib tiba, saya dan teman-teman kecil saya seperti Silviana, Mbak Rini, Nurul, dan Ayu selalu diminta oleh Bapak untuk istilahnya kerennya sekarang adalah Check Sound, dengan diputarkan lagu-lagu Cinta Rasul versi karaoke dan kami yang bagian menyanyikan dengan rebutan. Mulai lagu Ummi, Yaa Nabi Salam Alaika, Sidnan Nabi, Yaa Toyyibah, Nurul Mustofa, dan lain-lain. Aah, rindu sekali dengan lagu-lagu itu.

I really have my childhood!! Mungkin anak-anak jaman sekarang tidak akan menemukan masa kecil seperti yang masa kecil saya. I have a good and religious family who always taught me just learn about a good thing. That’s why my father loves Alfu Salam’s Song, because by singing this song we will always remember to convey our thousand salam to our Prophet Muhammad.

Leave a Reply

