Selebrasi @EHKediri untuk Earth Hour 2014 Kediri

Earth Hour, sebuah tindakan nyata dalam 60 menit untuk Bumi yang pertama kali diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) di Sydney Australia pada tanggal 29 Maret 2007. Tindakan ini kemudian menjadi sebuah gerakan besar yang dilakukan diribuan kota di dunia, termasuk Indonesia tak terkecuali Kediri, @EHKediri.

Earth Hour 2014 Kediri - Switch Off Monumen SImpang Lima Gumul

Earth Hour 2014 Kediri – Switch Off Monumen SImpang Lima Gumul

Walaupun tidak tau tahun kapan Earth Hour di Kediri mulai eksis, namun tahun 2014 ini Blogger Kediri mendapatkan invitation untuk tampil mengisi acara selebrasi Earth Hour yang diadakan di Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri, untuk sekedar cuap-cuap tentang Komunitas. Saya dan teman-teman Blogger Kediripun segera mencari sebuah ide sebagai tindakan nyata seorang Blogger untuk Bumi.

Menjadi seorang Blogger pasti tidak akan jauh dari yang namanya Gadget. Aah, tidak perlu seorang Blogger, anak muda jaman sekarang bahkan semua orang sepert sudah tergantung dengan gadget, entah itu handphone, Tablet, Tab, dan Gadget lainnya yang menyajikan segala kebutuhan manusa sekarang. Dan tidak ada gadget yang tidak butuh untuk di-charge dan untuk charging perlu listrik yang harus menyala. Darisanalah kami Blogger Kediri sepakat untuk membuat sebuah tindakan nyata sebagai seorang Blogger untuk Bumi.

Idenya adalah saat switch off semua orang yang hadir dengan segala kesadaran untuk Bumi, HARUS men-SWITCH OFF semua Gadget mereka selama beberapa menit, katakana saja 30 menit selama switch off berlangsung. Tujuannya adalah untuk menghemat energy 30 menit saja dalam penggunaan gadget tersebut.

Namun sayang sekali, ide kami Blogger Kediri yang “MULIA” itu tidak jadi kami perform-kan karena molor-nya acara yang mencapai satu jam. Padahal dalam schedule, harusnya kami tampil saat pukul 07.30 pm dan hanya diberi waktu LIMA MENIT SAJA, lebih banyak dari komunitas-komunitas lain yang diberi waktu lebih dari 10 menitan.

Sebenarnya ide dari @EHKediri bagus yaitu mengajak warga Kediri untuk lebih aware terhadap lingkungan, namun saat melihat acara yang berlangsung menurut saya malah Wasting Energy dan tujuan acara itu sendiri malah tidak tersampaikan. Harusnya, harus bisa lebih mem-filter acara-acara yang senada dengan tujuan dari Earth Hour itu sendiri bukan malah seperti panggung parodi yang tidak menujukkan tujuan acara keeping the Earth.

Switch Off Earth Hour 2014 Kediri

Switch Off Earth Hour 2014 Kediri

Acara switch off pun berlangsung sangat ramai dengan orang-orang berkeliling melihat ratusan lilin yang dinyalakan tepat dibawah Monumen Simpang Lima Gumul. Antusias warga Kediri pun sangat terlihat sebagai dukungan mereka terhadap 60 menit untuk Bumi, walaupun disana-sini masih terlihat beberapa orang yang membuang sampah sembarangan.

Jempol untuk @EHKediri yang telah mengadakan acara keren dipenghujung bulan Maret 2014. Pesan saja, lebih perhatikan segala sesuatu dalam acara yang sejalan dengan tujuan Earth Hour itu sendiri, jangan sampai banyak yang OOT.

WE ARE Blogger Kediri, THIS IS OUR ACTION, WHAT IS YOURS?

One thought on “Selebrasi @EHKediri untuk Earth Hour 2014 Kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s