Kediri Tempoe Doeloe, secuil kisah masa lalu

Kediri Tempoe Doeloe, secuil kecil kisah masa lalu Kediri di pelataran Taman tirtoyoso.

Berita akan hadirnya Kediri Tempoe Doeloe sudah santer terdengar sejak beberapa bulan yang lalu, mendengarnya saya langsung berucap, ‘alhamdulillah akhirnyaa!!’.
Poster awal venue Kediri Tempoe Doeloe berada di Jalan Basuki Rahmat disepanjang depan Balai Kota Kediri. Selang beberapa pekan terbit lagi poster pergantian venue di GOR Jayabaya, sempat membayangkan betapa besarnya acara jika bertempat di GOR. Walaupun berganti tempat, untuk tanggal tetap pada 22-23 Agustus 2013, saya dan teman-teman Blogger Kediri pun bersiap untuk #Mblarah bareng kesana.

image

Mblarah @BloggerKediri

Sekitar tiga hari sebelum acara, kasak kusuk tentang bergantinya venue di Taman Tirtoyoso sempat membuat saya sangsi. Taman Tirtoyoso? Bukankah disana tak begitu luas? Namun disanalah Kediri Tempoe Doeloe akhirnya benar-benar digelar.
Saya, sist Silviana dan teman-teman Blogger mengatur jadwal untuk nonton bareng di hari kedua KTD, 23 Agustus 2014.

Ba’da maghrib saya bersiap dengan sist yang sebenarnya sedari kemarin kami sudah berencana memakai ‘Jarek’ sebagai Dress Code Jadoel kami, namun karena terlalu rempong akhirnya kami hanya pakai batik sesuai Dress Code yang ditentukan oleh teman-teman Blogger.

Sesampainya disana, saya agak terkejut dengan ‘kurang ramainya’ penonton yang hadir. Menurut saya kurang banyak untuk acara sekaliber Kediri Tempoe Doeloe jika berkaca pada Malang Tempoe Doeloe atau Blitar Tempoe Doeloe. But it’s OK! Mungkin memang warga kediri belum banyak yang tau jika ada acara KTD.

image

Courtesy photo : @pu_as

Venue KTD berada di sebelah barat Angkringan Pathirton, hanya secuplik namun sudah berhasil membawa beberapa kisah tempoe doeloe.

Jalan masuk menuju gerbang KTD yang bertema Pasar Patjonan ditata sedemikian rupa dengan jajaran Sepeda Onta berbagai model. Di depan jalan masuk terdapat dua Mobil Jeep Jaman doeloe yang menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto. Memasuki gerbang utama terdapat lagi Mobil Warna Hitam Jaman Doeloe yang masih keren dan kereng!

image

image

Di sebelah kanan jalan masuk setelah Gerbang terdapat panggung kecil yang saat saya kesana sedang mengalun lantunan irama biola mengiri seorang perempuan dari Teater Merah Putih membaca puisi. Ternyata pemain biolanya adalah Mbah Mar, seorang pemain biola legendaris dari Kediri yang saya pernah bertemu di Konser Musik Klasik di Balai Kota 2012 lalu. Keren dan Sangar!

image

Teman-teman Blogger sudah menunggu di depan panggung saat saya dan sist datang, setelah say hello, kami memutuskan untuk melihat-melihat secuplik pelataran KTD.

Di depan panggung kecil terdapat beberapa Gazebo yang menjual beraneka makanan Jaman Doeloe seperti Jajanan Pasar, Jamu, Arum Manis, Kopi Hitam, Gulali. Di sebelah luar Gazebo terdapat display room yang memamerkan benda-benda jaman doeloe seperti Kendi, Lampu Stongkring, Mesin Es Serut, Radio Jadoel, Timbangan, dan jajaran Wayang Kardus.

image

Terdapat juga cuci gudang jaman doeloe yang menjual outfits Jadoel seperti Topi Menir, Baju Safari, dan lain-lain saya tidak tau namanya.
Setelah cukup berputar kami kembali ke depan panggung untuk mewawancarai Teater Merah Putih dan berfoto bersama.

Kediri Tempoe Doeloe memang hanya secuplik kecil namun berhasil membuat saya tak hanya membayangkan namun merasakan bagaimana Kediri-ku Tempoe Doeloe.

Banyak yang berkomentar negative tentang Kediri Tempoe Doeloe yang hanya ‘ngunu tok’, namun saya berikan apresiasi besar kepada penyelenggara yang dalam beberapa hari persiapan namun mampu membawa kesan masa lalu dalam pelataran kecil Taman Tirtoyoso.
I hope and I’m sure that next time Kediri Tempoe Doeloe will be much better than this good.

One thought on “Kediri Tempoe Doeloe, secuil kisah masa lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s