Bonne Année 2015!!

Seperti bumi yang terus berevolusi mengelilingi matahari, seperti bulan yang terus berotasi terhadap bumi, waktu seakan berjalan sejajar bersama berputarnya tata surya mengikuti titah-Nya.
Setengah sadar setengah bermimpi, hitungan tahun yang terhitung sudah sampai pada bilangan dua ribu lima belas.

Dalam hitungan masehi, ternyata bumi sudah selama itu mengelilingi matahari tanpa sedikitpun mengeluhkan keadaannya yang semakin menua. Walaupun semakin lama, manusia semakin berbuat liar tak menjaga sang bumi yang terus menaungi.

Sebenarnya, tahun bumi tidaklah sesingkat itu. Berjuta tahun lalu bumi sudah ada namun masih bergerak menemukan bentuknya hingga layak ditempati oleh manusia. Apakah euforia pergantian tahun dalam hitungan-hitungan tahun berjuta tahun lalu juga sama seperti sekarang?

Pergantian tahun yang penuh dengan renungan, penuh dengan harapan baru, berjuta tangan menengadah untuk memintakan hidup yang lebih baik, segala mimpi dihaturkan meminta untuk diwujudkan, serta perasaan bahagia menyaksikan letusan demi letusan kembang api yang mewarnai langit 00.00 tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

Pergatian tahun ternyata hanya sesingkat itu. Cukup dari jam 23.59 di hari terakhir tahun menuju 00.00 di hari baru setiap tahunnya. Dan semakin banyak manusia menjumpai pergantian yang sesingkat itu, semakin pula manusia itu sadar bahwa hidup amatlah singkat. Rasanya baru kemarin tapi ternyata sekarang sudah. Kalimat yang terkadang membuat waktu berhenti sejenak untuk sekali saja menikmati hidup.

Waktu, pergantian tahun, siang dan malam hanyalah sebuah selingan untuk perjalanan hidup yang bisa sangat terasa panjang, bisa juga terasa sangat singkat.

Malam pergantian tahun ini berbeda bagiku. Tidak ada keramaian, tidak ada letusan kembang api, tidak dengan keluarga. Rasanya seperti, telah menjadi seorang yang dewasa dengan perayaan tahun baru yang lepas dari keluarga.
Malam menjelang 2015 tersambut dengan romantis di sudut gelap Mahanani dengan beberapa lilin-lilin kecil yang satu persatu dinyalakan dengan doa dan harapan dalam hati.

image

Happy New Year 2015

Satu persatu harapan dilepas menerangi sudut-sudut gelap malam. Mungkin dalam setahun ke depan juga akan terlihat sama. Satu persatu doa akan terjawab, satu persatu harapan akan terwujud meski sekarang semuanya masih tampak gelap, tampak misterius, tampak bersembunyi dan tak ada manusia yang tau apa yang terjadi.

Seperti itulah doa dan harapan, seperti lilin-lilin kecil yang satu persatu dinyalakan untuk menyibak misteri hidup yang masih menggelap. Pada akhirnya manusia akan tau misteri itu, pada akhirnya segala tanya akan terjawab.
Biarkan berjuta lilin terapung dan menerangi satu persatu sudut gelap kehidupan.
Happy New Year 2015! Selamat Tahun Baru 2015! Bonne Année 2015!
[Stay_Walk_In_Faith]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s