Eksperimen Sederhana Resep Kue Nastar

Seperti sudah lama sekali saya tidak posting untuk kategori foodlicious, padahal dapur sudah sering mengepul untuk menjajal berbagai eksperimen dalam membuat masakan dan lidah juga sering termanjakan dengan makanan-makanan yang patut untuk dikabarkan kelezatannya. Tapi, aah, entah kenapa rasanya seperti tidak ada waktu dan mood untuk sebentar menarikan jemari diatas keyboard karena berbagai macam alasan.
Namun kali ini saya semangat menceritakan hasil eksperimen dapur saya karena saking senangnya menakhlukkan resep kue bernama NASTAR!

image

Nastar Keju selai Nanas tiwwidy

Segala cerita yang tak terceritakan tentang dapur saya berawal dari hampir setahun yang lalu ketika saya dihadiahi Bapak sebuah oven sebagai hadiah ulang tahun.

Semenjak itu, berbagai eksperimen masakan berbau panggang seperti membuat beragam cookies, cake, kentang panggang, ayam panggang dan hari ini nastar, saya buat untuk sekedar mengisi waktu luang dan memenuhi hobby.

Walaupun tidak semuanya berhasil karena masih jadi cookers amatiran, namun ada sebuah kepuasan tersendiri saat mengeluarkan kue dari pemanggangan yang level kelegaannya sama dengan saat traveling ke tempat baru atau saat berenang. Halah!

Dan cerita nastar ini berawal dari insomnia semalam yang iseng googling “resep nastar” hingga membuka beberapa 3 tab blog untuk membandingkan ketiga resep itu dan saya dapatkan resep baru hasil dari gabungan ketiga resep tersebut. Maksud penggabungan itu sendiri sih hanya untuk mensederhanakan resep yang saya baca rumit, eh namun ternyata resep yang saya sederhanakan itu malah hasil rasanya maksimal! That’s why in a fascinating feeling I wrote its recipe to give high appreciation of a heavenly taste of my nastar. Hahaa.

Gambar dibawah adalah kombinasi bahan-bahan untuk mulai membuat nastar.

Resepnya :
– terigu 250 gram
– mentega 140 gram
– gula halus 60 gram
– kuning telur 3  butir
– keju cheddar 1/4 potong
– vanili
– susu kental manis secukupnya
– sedikit garam
– selai nanas untuk isian
– kuning telur untuk olesan

Untuk selai, saya beli selai jadi namun sebelumnya saya gongseng lagi dan sedikit saya tambahkan gula dan air untuk lebih memekatkan warna dan tekstur selai jadi.

Cara membuatnya :
1. Mentega, gula halus, kuning telur, vanili, keju, susu, di mix jadi satu dengan kecepatan paling rendah (spit 1) hingga tercampur rata.
2. Masukkan terigu hingga adonan bisa dibentuk menjadi bulat.
3. Satu persatu bentuk adonan seperti bola-bola lalu isikan selai nanas lalu olesi dengan kuning telur dan beri potongan keju sebagai garnishnya. (Saya buat dua bentuk nastar, selai tertutup adonan dan selai yang terbuka)

image

Nastar Selai Tertutup

image

Nastar Selai Terbuka

4. Saya kurang paham harus dioven seberapa derajat celcius namun sebelum kue saya masukkan selalu saya panaskan dahulu oven selama 20 menitan dan memanggangnya juga selama kurang lebih 20 menit tergantung cepat atau tidaknya si kue matang kecoklatan.
Dan, jadilah kue Nastar!!

image

Nastar Keju selai Nanas

image

Nastar Keju selai Nanas tiwwidy

Sebelumnya saya kira membuat nastar itu susah, ternyata hanya sesederhana itu dengan rasa yang baru kali ini benar-benar sempurna enaknya. Terlebih dari itu saya jadi belajar suatu hal bahwa sesuatu yang hanya dibayangkan menakutkan sebelum dicoba, hukumnya patut dicoba agar kita paham kemudahan dalam mencapainya. Dan benar, ternyata sesederhana ini membuat nastar dan karena excitement saya ini akhirnya saya menuliskannya disini.

PS : Dengan bahan diatas saya mendapat 40 buah nastar yang sebenarnya bisa dibuat lebih dari itu jika bola-bolanya lebih kecil lagi dan memang sebenarnya harus lebih kecil lagi. Hehee. Yummy!!
[Stay Walk In Faith]

Leave a Reply

