Zahir's Journeys

Zahir, Nama Sang Bayi

Nama membawa sebuah kekuatan. Kekuatan yang membawa arti atas doa pengharapan. Kekuatan yang mengandung makna kebaikan untuk sebuah hidup. Kekuatan yang membuat seorang manusia menjadi ada dalam kata.

Nama juga membawa sebuah bentuk pengenalan sepanjang hidup. Jadi, nama adalah sebuah entitas penting bagi manusia untuk pengenalan secara abadi.

Aah! Akan habis kata untuk memaknai arti penting sebuah nama. Dan oleh karenanya, banyak orang harus berpikir keras untuk memberikan nama karena ia adalah tanda pengenalan jiwa. Seperti saya. Selama hamil, hampir setiap hari saya membolak balik buku yang bertuliskan 9999 nama bayi. Sesekali saya sempatkan juga mengunjungi laman pencarian google mencari hal yang sama. Setelah bergulat panjang dengan nama-nama indah itu, akhirnya saya putuskan untuk menamai bayi saya, Muhammad Zahir Arfakhsyadz.

The Zahir, Zahir

Muhammad.

Nama seperti membawa sebuah pertanggung jawaban atas arti yang terkandung didalamnya dalam suri tauladan. Dan benar, nama Muhammad adalah satu-satunya nama yang paling banyak disandang banyak orang. Berkat keteladanan, kemuliaan, dan contoh bagi sebaik-baiknya manusia dari segala sisi.

Sebab itulah, Muhammad menjadi nama pertama bayi Zahir supaya ia menjadi seorang yang mulia seperti Sang Rasul.

Zahir.

Nama “zahir” pertama kali saya dengar dari sebuah judul buku Paulo Coelho yang saya beli tahun 2013 lalu. Dalam buku itu, nama Zahir diartikan.

“… Zahir, dalam bahasa Arab berarti terlihat, ada, tak mungkin diabaikan. Zahir adalah seseorang atau sesuatu yang sekali kita mengadakan kontak dengannya atau dengan dengan itu, lambat laun memenuhi seluruh pikiran kita, sampai kita tak bisa berpikir tentang hal-hal lain. …” – The Zahir

Entah kenapa, saya langsung suka dengan nama Zahir. Terkesan seperti punya arti yang magis dalam nama itu. Saya pun berujar, kalau punya anak laki-laki nanti akan saya namai Zahir.

Arti lain dari google menyebutkan, Zahir adalah nama dari bahasa Arab yang bermakna berkilau, bersinar dan terang, cemerlang.

Dengan nama Zahir, bayi Zahir mempunyai pengharapan akan menjadi seseorang yang cemerlang dalam pemikiran, keteladanan yang berkilau, bersinar dan terang bak sebutir mutiara. Aamiin.

Arfakhsyadz.

Nama ini saya temukan dalam jajaran panjang silsilah dari Nabi Adam sampai Muhammad. Nama yang sepertinya akan sulit diucapkan namun unik bila dilafalkan karena ada 4 konsonan berjajar dalam satu nama. arfaKHSYadz. Seperti perlu sebuah lidah yang fasih melafalkan Al-Quran untuk memanggil nama itu.

Arfakhsyadz adalah cucu dari Nabi Nuh dan putra dari Sam. Dalam silsilah setelahnya, nama besar seperti Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, hingga Nabi Muhammad pun menjadi keturunan dari Arfakhsyadz.

Saya coba mencari arti nama arfakhsyadz tapi tidak satu link pun mengartikan nama itu melainkan hanya nama dalam silsilah Nabi Muhammad saja.

Jadi, Arfakhsyadz saya artikan sebagai seseorang yang memiliki keturunan yang baik. Keturunan dari orang-orang hebat sepanjang jaman. Dan menurunkan orang terbaik sepanjang masa yakni Ibrahim dan Muhammad.

“Sesungguhnya, hakikat penamaan adalah memperkenalkan sesuatu yang diberi nama. Sebab, jika sesuatu itu ada dan tidak diketahui namanya, tentu tidak ada sesuatu yang menyebabkannya dikenal.” – Ibnu Qayyim.

Akhirnya, sang bayi ini pun bernama Muhammad Zahir Arfakhsyadz, dengan Zahir sebagai nama panggilannya. [Stay_Walk_in_Faith]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s