Ini stroke di wajah?? Bukan!! Ini Bell’s Palsy..

Kebanyakan orang mungkin tidak tau apa itu bell’s palsy, dan bagi orang awam pasti menyebutkan bahwa itu stroke, namun bell’s palsy tak se-menakutkan itu. Karena saya beberapa bulan lalu mengalaminya sendiri, ketika itu malam hari ketika di kantor, rekan kantor saya memperhatikan saya dan berkata, “mbak, koq mbak dari tadi berkedip-kedip satu mata terus sih??”

Sontak saya kaget dan mengambil cermin, setelah bercermin ternyata benar, kelopak mata kanan saya tidak bisa berkedip dengan sempurna, sebagian wajah terasa kebas, hidung sisi kanan tak bisa mengembang, mulut sisi kanan pun tak bisa dibuat manyun. Ada apa dengan saya?? Apa saya terkena gejala stroke?? Padahal saya adalah penderita darah rendah.

Dalam keadaan panic dan takut saya mencoba menenangkan diri dan menganggap semua akan baik-baik saja, lalu saya tidur dengan pikiran mungkin saya kecapekan dan dengan istirahat esok hari akan kembali seperti semula.. zzZzzzZZzz..

Pagi pun datang langsung memandang ke cermin, dan ternyata.. astaghfirullah.. wajahku terlihat tidak simetris, tak bisa berkedip dan hasil manyun pun juga hanya setengah bibir. Ketika makan, makanan pun keluar dari mulut sebelah kanan, ketika minum, air dengan leluasanya mengalir dari mulut sisi kanan, dan ketika berkumur lagi-lagi mulut sisi kanan tak dapat membendung air.

Dengan perasaan bingung saya search info di google mencari tau apa yang sedang saya derita, karena ingat pernah ada artis yang mengalami seperti yang saya alami, siapa ya namanya?? Samuel zylguin. Saya search dengan keyword stroke di wajah, namun tidak adil rasanya kalau semuda saya sudah terkena stroke. (tapi alhadulillah ternyata tidak)

Hasil pencarian mengatakan bahwa yang sedang saya derita bukan stroke di wajah tapi bernama Bell Palsy. Bell Palsy?? Apa itu?? Saya lanjutkan membaca dan terdapatlah pengertian, Bell Palsy adalah penyakit yang ditemukan oleh Sir Charles Bell, seorang ahli bedah Skotlandia yang menemukan penyakit ini pada abad ke-19. Pada awal sebelum serangan bell palsy terjadi, saya sadar yang saya rasakan adalah rasa pahit dan asin diseluruh permukaan lidah dan lidah terasa kebas, lidah seperti baru meminum air panas yang dampaknya tak bisa merasa. Saya rasakan juga, capek disekujur tubuh dan sering pusing. Rasa kebas pada lidah merambat ke mulut dan secara tak sadar merambat disebagian wajah kanan saya.

Bell palsy berbeda dengan stroke karena bell palsy tidak disertai dengan kelemahan anggota gerak badan. Hal ini disebabkan letak kerusakan syaraf yang berbeda. Pada stroke disebabkan rusaknya bagian otak yang mengatur pergerakan salah satu sisi tubuh, kanan atau kiri termasuk wajah. Sedangkan pada bell palsy kerusakan teradi langsung pada syaraf wajah. Syaraf facialis, demikian nama serabut syaraf yang mengurus bagian wajah dan merupakan bagian dari 12 pasang syaraf otak. Syaraf ini berasal dari bagian batang otak yang disebut ponds. Dalam peralanannya menuju kelenjar parotis, syaraf facialis ini harus melalui suatu lubang sempit dalam tulang tengkorak yang disebut kanalis falopia. Karena setelah mencapai kelenjar parotis, syaraf facialis ini akan bercabang menjadi ribuan serabut syaraf yang lebih kecil yang berada di daerah wajah, leher, kelenjar liur, kelenjar mata, 60 persen bagian depan lidah dan sebagian telinga, rangkaian itulah yang menjadi suber serangan bell palsy.

Setelah membaca beberapa artikel dan ada artikel yang mengaitkannya dengan sakit herpes saya pun periksa ke dokter. Dan dokter saya pun mengatakan hal yang sama, saya menderita bell palsy. Saya tanyakan penyebab terjadinya secara peristiwa dan dokter menjelaskan bahwa, bell palsy bisa terjadi dikarenakan terkena angin yang terus-menerus pada syaraf salah satu sisi wajah, bisa juga karena terkena kipas angin atau AC berlebihan, atau tidur-tiduran di lantai dengan tidak merubah posisi tidur. Bahkan orang yang terlalu paranoid dan percaya hal-hal mistis menyebut penyakit seperti itu adalah di tabok setan. Hahaha..

Dokter berkata penyakit bell palsy bisa di sembuhkan dan bisa kembali 100 persen seperti semula. Terapi yang bisa dilakukan di rumah selain resep obat dari dokter adalah dengan senam wajah, latihan berkedip-kedip kalau masih kaku bisa dilakukan dengan mengangkat secara manual alis dan kelopak mata dengan tangan, latihan memanyunkan mulut, tersenyum, tertawa, serta menyanyi, mengompres wajah dengan air hangat dan ketika tidur basahi kasa dengan air hangat lalu tempelkan pada mata agar mata yang tidak dapat tertutup sempurna tidak kering dan tetap lembab.

Bell palsy tidak dapat ditentukan berapa lama akan sembuhnya, tergantung atas usaha orang yang menderitanya. Kata dokter ada yang sembuh hanya dalam tempo waktu 7 sampai 14 hari ada juga yang hingga 3 bulan. Namun saya benar-benar kembali seperti semula dalam waktu tak lebih dari 2 minggu.

Jadi jangan terlalu panik dulu ketika anda mengalami kebas pada salah satu sisi wajah, itu bukan stroke, itu hanya BELL PALSY yang memang sedikit akan mengganggu penampilan anda 1 hingga minggu namun percayalah akan kembali seperti semula. Perlu diingat bahwa kesembuhan bukan terletak pada dokter, kita atau alat-alat medis, yang paling menentukan adalah Tuhan yang Maha Kuasa.

Karena dengan kita diberi sakit maka akan dikurangi dosa kita bila kita mengingat Sang Maha Kuasa.. :)

About these ads

19 thoughts on “Ini stroke di wajah?? Bukan!! Ini Bell’s Palsy..

  1. artikel ini sangat bermanfaat bagi saya,karena apa yang mba alami beberapa bulan yang lalu saya skrg mengalaminya….apa mba ada fb biar saya bisa share menenai penyakit ini…

  2. trima kasih mbak,artikel ini sangat membantu sya karena apa yg mbk dulu alami sekarang sedang saya alami akibat kecelakaan dari motor satu bulan yang lalu. tpi dokter di slah stu rmh sakit umum di jaksel menyarankan untuk operasi. klo ada fb sya mhon untuk di add hanya untuk sharing krna sya lumayan panik jga tkutnya terkna struk pdhal usia sya masih 28 thn. trima kasih.

  3. Terima kasih infonya, waktu itu adik saya juga mengalaminya karena keseringan lembur pulang malam & naik motor. Sekarang saya megalaminya, berawal dari lidah seperti habis minum air panas. Mata kiri saya perih ternyata tidak bisa berkedip sempurna. Semoga cepat sembuh…

  4. Pingback: tiwwidy.wordpress.com 2012 in Blogging Annual Report | we wee world

  5. Terimakasih Mbak… Artikel ini betul betul bermanfaat dan mengembalikan kepercayaan diri saya…….. saya juga mengalami nya.. tapi diwajah sebelah kiri.. dokter menyarankan untuk terapi dengan cara tusuk jarum… kalau boleh saya minta bantuan informasi lebih lanjut tentang terapi dan obat obatan yang mbak pergunakan pada waktu itu… saya laki laki umur 50 tahun… terimakasih sebelum nya.. semoga anda selalu diberikan kesehatan dan kesejahteraan oleh Yang Maha Kuasa.. Amiiin… SAFWAN.

    • semoga segera sembuh pak..
      kalau saya dulu melakukan terapi listrik di Kediri, intinya cukupkan istirahat dan sering-sering senam wajah saja insyaAllah segera sembuh pak..
      terima kasih pak, semoga bermanfaat.. :)

  6. Terima kasih info dan sharingnya. saya usia 32 th, wanita.sudah 5 hr ini mengalami hal yg sama dgn yg anda alami. dengan ciri2 awal jg sama.lidah seperti mati rasa, tebal.juga pusing di kepala (kalo pusing ini sdh hampir 2 bln saya alami).tp semua dokter baik umum, dalam, jantung, syaraf itu karena faktor capek & kurang istirahat. tiba2 kelopak mata kiri kedutan terus dan akhirnya tdk bisa menutup seperti yg kanan.itupun saya th dari teman. saya ke Sp.syaraf katanya itu penyempitan pembuluh darah di otak kiri.sempat khawatir jg.tp terapi yg dianjurkan jg sama seperti anda.banyak senam wajah, kompres air hangat. terima kasih infonya. sedikit mengurangi kekhawatiran saya.saya berharap ini cepat berlalu karena menyiksa sekali. aplagi saya ada baby 1 thn yg masih ASI. kasihan kalo ibunya hkonsumsi obat, takut pengaruh ke baby. makasih mbak..
    Diana

    • semoga segera pulih mbak,
      intinya banyak istirahat dan senam wajah agar bisa pulih 100%..
      insyaAllah ndak akan sampek 1 minggu koq mbak..
      kompres air hangat sambil memijat-mijat wajah akan sangat membantu memulihkan syaraf yang sakit..
      senang bisa berbagi cerita dan terima kasih sudah berbagi cerita.. :)
      get well soon..

      • mbk sy dh 2 hari ini divonis dokter kena bell palsy ,wajah sbelah kanan otonya jd lemah semua,tp msh bs digunakan .kalo pas senyum br keliatan mencong bibirny ,apa bs cm pake obat dokter tanpa akupuntur bs sembuh mbk

  7. Mbg..saya udah seminggu ini ngerasain wajah sebelah kiri lebih tebel dr biasanya.mmg sh telinga kiri berdengung udah hmpir sebulan dan lgi rawat jalan di sp.tht.
    yg saya alami ini ap salah satu tanda2 bell palsy ya mbg?krna makin lama makin tebel dan gak nyaman.kalo doktrnya bilg sh gara2 telinganya itu.harus gmana ya mbg?

  8. Ya Allah mbak, aku kira sialadenitis.. Aku udah takut banget.. Ternyata bener mata kanan gak berkedip secara sempurna.. Terima kasih banget yaa… :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s